Daftar Objek Wisata Di Nusa Tenggara Barat [Bag 5]

Bima dan Raba

Dari Sumbawa Besar wisatawan dapat mengunjungi Kabupaten Bima yang berada di Sumbawa Tengah melalui kawasan perbukitan hijau yang diselimuti hutan lebat dan juga kawasan pantai dengan panorama laut dan pohon kelapa yang melambai-lambai. Bima dan Raba adalah dua kota yang terletak berdekatan dan merupakan dua kota utama yang terdapat di wilayah timur Pulau Sumbawa.

Istana Sultan

Kini menjadi salah satu objek yang patut dikunjungi dan sebagian bekas istana raja Bima saat ini sudah dijadikan museum. Koleksi benda-benda peninggalan kesultanan yang cukup menarik antara lain bentuk-bentuk senjata dan berbagai perabotan peninggalan kerajaan. Istana ini disebut juga Dalam Loka yang dibangun pada 1885 dan kemudian direstorasi pada awal tahun 1980an. Istana yang terletak di jalan Batu Pasak berhadapan dengan sebuah Masjid ini memiliki sebuah tiang bangunan berukir yang masih asli dari masa kesultanan. Keturunan keluarga Sultan Sumbawa saat ini tinggal di balai Kuning di Jalan Wahidin.

Makam Kepala Suku

Pada jarak sekitar 30 kilometer dari Sumbawa Besar di dekat Batu Tering terdapat makam (peti batu) kuno dari para kepala suku yang dipercaya telah berusia 2.000 tahun. Pada permukaan batu terdapat telapak kaki yang dipercaya milik para dewa. Lokasi makam ini terletak sekitar 4 km dari Desa Batu Tering.

Ai Beling

Lokasi menarik yang berada di Selatan Sumbawa Besar di mana terdapat air terjun yang cantik yang airnya berasal dari kawasan pegunungan selatan. Untuk menuju tempat ini wisatawan harus mengambil jalan raya yang menuju selatan melalui Semamung dan selanjutnya ke Brangrea.

Balap Kerbau dan Pertarungan Tongkat

Digelar secara teratur di Desa Pamalung, 7 kilometer dari Sumbawa Besar. Pertunjukan ini digelar antara lain untuk menyambut kedatangan rombongan wisatawan ke tempat ini dengan menumpang kapal pesiar dari Bali.

Pulau Moyo

Yang duapertiganya merupakan kawasan cagar alam, keindahannya telah mengundang selebriti dunia untuk berlibur, diantaranya almarhum Putri Diana , mantan istri Pangeran Charles dari Inggris. Memiliki kawasan perairan dengan taman lautnya yang indah serta penuh dengan ikan aneka warna. Pulau yang terletak di utara Sumbawa Besar ini merupakan lokasi yang menarik untuk kegiatan snorkeling dan menyelam. Bagian tengah Pulau Moyo merupakan kawasan padang savana dan juga hutan yang merupakan habitat berbagai hewan seperti sapi liar, babi, rusa dan berbagai jenis burung.

Pulau Satonda

Terletak di timur laut Pulau Moyo, yang dapat dicapai dengan menumpang perahu motor selama tiga jam dari Air Bari. Pulau ini memiliki pantai yang indah dan lokasi perairan yang bagus untuk snorkeling dan sebuah danau asin yang berada di tengah pulau.

Gunung Tambora

Gunung setinggi 2.850 meter ini memiliki dua danau kawah berwarna di puncaknya dan dari tempat ini terlihat pemandangan hingga jauh ke Gunung Rinjani di Pulau Lombok. Para pendaki gunung biasanya memulai pendakian dari Calabai yang dapat dicapai dengan menumpang angkutan bus dari Dompu atau satu jam dengan menumpang speedboat dari Sumbawa Besar.

gili air pure shores

Pantai Lakey

Lokasinya di selatan Dompu. Tepatnya di Huuk terdapat pantai yang indah, berpasir putih dengan deretan pohon kelapa yang berjejer sepanjang pantai. Pantai ini dikenal sebagai kawasan untuk berselancar karena itu di sepanjang pantai telah berdiri sejumlah penginapan untuk melayani wisatawan khususnya para penggemar selancar. Para peselancar telah berdatangan ke tempat ini sejak tahun 1980-an dan mereka sangat menunggu datangnya ombak yang paling bagus di Pantai Lakey yang biasanya terjadi antara bulan Juni dan Agustus.

Nanga Doro

Merupakan kawasan pegunungan dekat pantai Huu yang dikenal dengan pemandian air panasnya. Tempat ini dimanfaatkan untuk rileks dan santai setelah lelah berselancar.

Lapadi

Masih di seputar Dompu, pengunjung bisa bertandang ke tempat ini yang dikenal dengan pacuan kuda tunggang tradisional. Baik kuda maupun penunggangnya masih kecil sekitar umur 8 tahun namun mereka memiliki kemahiran berkuda dan kerap menjadi juara.

Desa Donggo

Desa Dongggo merupakan desa tradisional yang berada di suatu dataran tinggi di mana bermukim masyarakat Dou Donggo (manusia gunung). Mereka tinggal di rumah-rumah tradisional dengan latar belakang panorama yang sangat indah. Populasi orang Donggo di tempat ini berjumlah 20.000 orang dan mereka berkomunikasi dalam bahasa Bima kuno. Mereka diduga keturunan masyarakat asli Sumbawa dan desa yang paling tradisional di tempat ini adalah Mbawa di mana penduduknya masih menggunakan pakaian adat berwarna hitam dan tinggal di Uma Leme yang merupakan rumah tradisional masyarakat ini. Tempat ini dapat dicapai dengan kendaraan bus dari Rato (14 kilometer) melalui jalan yang kurang mulus mendaki kawasan pegunungan.

Wawo

Merupakan suatu kawasan di jalan raya antara Bima dan Sape yang menjadi permukiman masyarakat Dou Wawo di mana terdapat sejumlah rumah tradisional Uma Langge. Salah satu rumah tradisional yang paling menarik di tempat ini terdapat di Maria yang terletak tidak jauh dari jalan raya. Sape merupakan kota kecil yang cukup menyenangkan di mana jalan-jalan di kota ini selalu ramai dengan angkutan dokar atau delman yang oleh masyarakat setempat dinamakan Ben Hur.

Pulau Gili Banta

Di Kecamatan sape yang berhadapan dengan Pulau Komodo terdapat Pulau Gili Banta yang cocok untuk kegiatan menyelam dan bisa ditempuh selama satu setengah jam dengan perahu tradisional nelayan dari pelabuhan feri sape.

Pulau Ular.

Pulau yang berhadapan langsung dengan Pulau Gili Banta dan Pulau Sangiang. Pulau Ular ini berbentuk kapal selam dan juga dihuni oleh berbagai jenis ular yang akrab dengan manusia. [selesai]

 

6049 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply