Daftar Objek Wisata Di Sulawesi Tengah [Bag 1]

Beribukota di Palu dan memiliki luas wilayah 63.333 kilometer persegi, Sulawesi Tengah terletak di bagian barat kepulauan Maluku dan di bagian selatan berbatas dengan Philipina. Propinsi Sulawesi Tengah merupakan wilayah yang indah dengan pegunungan, danau-danau dan lembah-lembah yang menghiasi daerah ini. Kesemuanya itu merupakan potensi wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.

Daya tarik wisata utama di Sulawesi Tengah saat ini adalah kawasan megalitĀ  peninggalan zaman prasejarah yang terdapat di Bada dan Besoa namun demikian keindahan alam dan keramahan masyarakatnya menjadi aset yang berharga bagi pengembangan wisata di daerah ini. Sulawesi Tengah merupakan satu dari sedikit wilayah di Indonesia yang memiliki perpaduan serasi antara keindahan alam, kekayaan budaya dan sejarah yang panjang.

Pemandian Alam Komalingon

Objek wisata yang menarik di Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, adalah pemandian alam Komalingon yang terletak sekitar 8 kilometer dari Buol yang dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 5 kilometer. Tempat pemandian alam masyarakat lokal ini juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Pulau Busak

Terletak berhadapan dengan desa Busak. Jarak pulau ini dari Buol sekitar 23 kilometer, memiliki pasir putih dan pemandangan alam yang indah. Banyak terdapat pohon kelapa dan kebun buah milik masyarakat. Pulau ini juga dikenal sebagai tempat bermusyawarah merundingkan sesuatu.

Air Terjun Pinamula

Sulawesi Tengah memiliki sebuah air terjun yang terletak di pinggiran sungai Pinamula dengan ketinggian 25 meter. Untuk mencapai objek wisata ini dari Buol dengan kendaraan roda empat menempuh jarak 15 kilometer dan dilanjutkan dengan jalan kaki sepanjang 3 kilometer. Suhu di sekitar air terjun sangat sejuk dan cocok untuk tempat rekreasi akhir pekan.

Pulau Lutungan

Di Kabupaten Toli-Toli Sulawesi Tengah, sejumlah objek wisata alam juga menjadi daya tarik seperti Pulau Lutungan yang berjarak 456 kilometer dari Palu dengan jalan darat, lalu dilanjutkan dengan naik perahu selama 25 menit dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pulau ini terletak di arah barat Toli-Toli Sulawesi Tengah yang dikelilingi air dan pantai berpasir putih. Pulau ini dianggap keramat dan banyak dikunjungi masyarakat dengan tujuan mencari berkah. Caranya dengan menancapkan pelepah kelapa ke dalam tanah lalu mencabutnya. Bila pelepah menjadi pendek, berarti permintaan ditolak, sebaliknya bila menjadi panjang berarti permintaan diterima.

Tanjung Matop

Terletak di Pulau Matop, tepatnya di Desa Pinjan, Kecamatan Toli-Toli Utara. Untuk mencapai Pulau Matop yang jaraknya sekitar 80 kilometer dari Tolitoli bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Di Tanjung ini terdapat burung Maleo, penyu sisik hijau, kera hantu, burung enggang, kepiting kenari, ikan napoleon dan sarang burung walet. Pulau ini termasuk kawasan hutan lindung yang harus dijaga.

Air Terjun Sigelang

Jaraknya sekitar 15 kilometer dari kota Tolitoli Sulawesi Tengah. Untuk mencapainya dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang 3 kilometer dari Desa Oyom. Air terjun ini banyak dikunjungi oleh kalangan remaja pada akhir pekan.

Cagar Alam Morowali

Dapat ditempuh dengan bus kota dari Palu Sulawesi Tengah ke Kolonedale sekitar 435 kilometer atau 10 jam perjalanan. Taman seluas 225 ribu hektar ini berada di Kabupaten Morowali dan dinyatakan sebagai kawasan cagar alam pada tahun 1980 setelah sebelumnya dilakukan survey yang disponsori pemerintah Inggris (Operation Drake) mengenai hewan-hewan yang terancam kepunahan di daerah ini.

Wilayah taman nasional ini meliputi pulau-pulau yang terdapat di kawasan teluk, kawasan dataran rendah dan daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.421 meter. Dalam kawasan cagar alam ini hidup masyarakat tradisional suku Wana yang belum mengenal kehidupan modern dan hidup dengan berburu dan melakukan perladangan berpindah. Kawasan cagar alam ini merupakan habitat sejumlah hewan seperti anoa, burung maleo, babi rusa dan sejenis kelelawar terkecil di dunia.

Kolonedale

Merupakan salah satu kota kecil yang terletak di salah satu sudut Teluk Tomori dengan panoramanya yang indah. Merupakan pintu gerbang menuju ke kawasan cagar alam Taman Morowali. Kawasan ini memiliki tingkat curah hujan yang cukup tinggi dan berlangsung hampir sepanjang tahun. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah antara bulan September dan November. Sebagian besar penginapan, pertokoan dan pasar berada di kawasan yang terletak tidak jauh dari dermaga utama. Persimpangan jalan di depan pasar juga berfungsi sebagai terminal bis.

Teluk Tomori

Taman Laut Teluk Tomori berada di depan Kota Kolonedale yang memiliki keindahan yang selalu menjadi buah bibir masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke sana. Air lautnya jernih dengan alam bawah laut yang indah menjadi daya tarik utama.

Donggala

Adalah sebuah kota tua yang terletak 34 kilometer timur laut dari kota Palu Sulawesi Tengah. Arsitektur Belanda masih banyak menghiasi kota Donggala. Saat ini posisi Donggala bagi wisatawan hanya sebagai kota transit sebelum menuju ke Tanjung Karang yang merupakan lokasi wisata terpenting di wilayah ini.

11883 Total Views 18 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply