Daftar Objek Wisata Di Sulawesi Tengah [Bag 3]

Taman Nasional Lore Lindu

Objek wisata alam lainnya yang menjadi andalan Sulawesi Tengah adalah Taman Nasional Lore Lindu, salah satu lokasi perlindungan hayati Sulawesi. Letaknya sekitar 60 kilometer selatan kota Palu dengan luas taman 217.991 hektar dan ketinggian yang bervariasi antara 200 hingga 2.600 meter di atas permukaan air laut.

Taman nasional ini memiliki fauna dan flora endemik Sulawesi Tengah serta panorama alam yang menarik karena terletak di garis Wallacea yang merupakan wilayah peralihan antara Zona Asia dan Australia. Taman ini terletak di selatan Kabupaten Donggala dan bagian barat Kabupaten Poso.

Kawasan Taman Nasional Lore Lindu ini merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi seperti anoa, babi, rusa, kera, kuskus dan binatang pemakan daging Civet hidup di taman ini. Taman ini juga memiliki sedikitnya 5 jenis bajing dan 31 dari 38 jenis tikus yang ada. Kawasan taman nasional juga menjadi tempat hunian sejumlah penduduk asli setempat dengan pakaian adat mereka yang berwarna-warni dan biasanya dipakai pada pelaksanaan acara adat.

Poso

Merupakan kota pelabuhan utama sekaligus juga kota pelabuhan dan terminal di wilayah pantai utara Sulawesi Tengah. Bagi wisatawan, Poso merupakan kota persinggahan sebelum melanjutkan perjalanan ke beberapa lokasi wisata di sekitar Poso misalnya ke Pantai atau Ampana untuk kemudian menumpang kapal menuju ke Pulau Togean.

Poso adalah sebuah kota kecil yang teratur, dan Anda dapat pergi ke mana saja di kota ini hanya dengan berjalan kaki. Pusat kota Poso terletak di jalan Sumatera dan kawasan sekitarnya di mana terdapat sejumlah hotel restoran dan pertokoan. Kantor Pariwisata dapat ditemui di ujung barat Jalan Sudirman di mana wisatawan akan mendapatkan sejumlah brosur mengenai informasi wisata di daerah ini.

Pantai Madale dan Pantai Matako

Di sekitar Poso terdapat beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi khususnya bagi mereka yang suka berenang atau snorkeling salah satunya adalah Pantai Madale yang terletak sekitar 5 kilometer di timur Poso. Lebih jauh ke timur, pada jarak 20 kilometer dari Poso, terdapat Pantai Matako dengan pantainya yang putih.

Pantai Toini

Terletak 7 km dari Poso ke barat. Pantai ini populer karena sejumlah rumah makan menyajikan hidangan laut yang lezat. Ketiga pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan umum bemo dari terminal di dekat pasar Poso.

Tombiano

Sekitar 40 kilometer dari Poso ke arah timur terdapat Tombiano yang memiliki gua besar yang dihuni kelelawar, di Maranda sekitar 47 kilometer barat laut Poso terdapat air terjun kecil dan juga sumber mata air panas di mana pengunjung dapat berenang.

Gua Tampenaporo

Terletak 22 kilometer di selatan Poso, di jalan menuju ke Tentena. Untuk menuju ke lokasi gua dan air terjun tersebut Anda dapat menumpang kendaraan umum dari Poso ke tujuan yang sesuai, dan mintalah sopir untuk menurunkan Anda di lokasi yang dituju.

Danau Poso

Danau terbesar ketiga di Indonesia adalah Danau Poso yang memiliki luas sekitar 32.300 hektar dengan kedalaman rata-rata 500 meter. Danau Poso memiliki panjang 32 kilometer dan lebar 16 kilometer, berada pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut. Danau ini memiliki keunikan karena berpasir putih dan kuning keemasan serta bergelombang. Panorama alam di sekelilingnya sangat indah dan perbukitan serta hutan disekitarnya berdiri tegak memagari danau.

Danau Poso terletak di kota Tentena dan keberadaan danau yang indah ini menjadi salah satu alasan utama orang singgah di Tentena dan Pendopo yang masing-masing terletak di ujung utara dan selatan Danau Poso.

Festival Danau Poso

Pada setiap bulan Agustus digelar acara festival danau Poso yang merupakan acara budaya yang terbesar di wilayah ini. Festival ini diikuti oleh sebagian besar masyarakat desa yang berada di daerah yang indah ini.

Anggrek Bancea

Danau Poso juga terkenal karena memiliki tanaman anggrek yang bernama Taman Anggrek Bancea yang memiliki koleksi anggrek liar. Taman ini dapat dicapai dengan berjalan kaki (11 kilometer) atau menumpang mobil sewaan ke Taipa dari Pendolo.

Tentena

Yang terletak di ujung utara Danau Poso merupakan desa yang lebih besar dan lebih indah dari Pendolo. Tempat ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Pada saat cengkeh berbunga (Juni hingga November) pohon cengkeh akan mengeluarkan aroma harum bunga cengkeh. Tentena memiliki fasilitas akomodasi dan tempat makan yang lengkap. Namun pantai di Tentena masih kalah cantik dibandingkan di Pendolo.

Lokasi dan tempat wisata menarik yang harus dikunjungi ketika berada di Tentena adalah jembatan sepanjang 210 meter yang berada di ujung utara Danau Poso. Di bawah jembatan air danau dengan deras mengalir memasuki sungai untuk memulai perjalanan panjangnya menuju ke laut.

Air Terjun Saluopa dan Air Terjun Sulewana

Lokasi wisata Air Terjun Saluopa berada di suatu kawasan hutan dekat Tentena di mana terdapat sejumlah jeram, air terjun dan beberapa kolam dengan airnya yang bening sejernih kristal. Air Terjun Sulewana terletak 12 kilometer dari Tentena. Untuk mencapai tempat ini wisatawan dapat menempuh dengan kendaraan lalu berjalan kaki sejauh 3 kilometer. Airnya sangat deras dan dapat dijadikan sumber pembangkit tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik seluruh pulau.

8463 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply