Daftar Objek Wisata Di Sulawesi Tengah [Bag 4]

Gua Pamona dan Latea

Terletak sekitar 57 kilometer dari kota Poso menjadi salah satu objek wisata yang unik karena gua ini tempat menyimpan mayat dalam gua sejak ratusan tahun lalu seperti halnya dalam kebudayaan Toraja.

Taman Laut Togean

Selain Danau Poso, objek wisata utama lainnya di Poso Sulawesi Tengah adalah Laut Togean di Kecamatan Tojo UnaUna. Perjalanan menuju Togean dapat ditempuh 4 jam jalan darat yang dilanjutkan naik perahu motor. Objek wisata yang eksotis ini merupakan surga bagi wisatawan, karena alam bawah lautnya yang dihuni dengan berbagai karang tropis dalam ukuran jumbo serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari.

Memancing, berlayar, berenang dan menyelam dapat dilakukan setiap saat. Taman Laut ini diperindah pula dengan deretan pulau-pulau kecil dan besar yang berhutan lebat dihuni oleh babi hutan dan tangkasi. Perumahan suku Bajou, hilir mudik nelayan dan deretan cottage di pinggir pantai menambah keindahan alam Togean. Pulau-pulau kecil di Togean juga memiliki pantai berpasir putih cocok untuk wisatawan yang gemar berjemur sambil menikmati matahari tenggelam.

Kepulauan Togean

Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah yang indah membuat wisatawan mancanegara yang pertama kali mengunjungi akan langsung jatuh cinta dengan keindahan pulau-pulau karang di tempat ini. Kepulauan yang terletak di tengah Teluk Tomini ini ditumbuhi kawasan hutan yang belum pernah terjamah dan menjadi tempat perlindungan bagi hewan-hewan yang ada di dalamnya.

Namun kecantikan yang sebenarnya berada di pantai dan laut. Berbagai kombinasi dan bentuk karang berpadu dengan birunya air laut yang jernih membuat keindahan tempat ini menjadi sangat mengesankan.

Kepulauan Togean merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yang berbeda namun berada dalam satu kawasan yang sama. Tiga lingkungan karang yang itu  adalah karang atol, karang barier dan karang pantai yang semuanya menjadi habitat dari flora dan fauna laut.

Karang atol ini berbentuk pulau karang yang ditengah-tengahnya terdapat danau yang dalam. Karang barier merupakan deretan karang yang berjejer mengelilingi pulau menyerupai benteng atau dinding di laut yang melindungi pulau lain di dekatnya dari terjangan ombak laut. Tinggi karang ini mulai dari dasar hingga ke permukaan laut mencapai 200 meter, ini belum termasuk bagian karang yang berada di atas permukaan yang bisa mencapai tinggi beberapa meter lagi.

Pulau Batudaka

Merupakan pulau terbesar dan yang paling mudah dicapai di Kepulauan Togean. Di Pulau Batudaka terdapat dua desa yaitu desa Bomba dan Wakai. Boma merupakan kawasan pemukiman yang terletak di ujung barat laut kepulauan Togean.

Bomba

Kebanyakan wisatawan hanya melewati saja Bomba untuk menuju tujuan utama yaitu ke Wakai di Kepulauan Kadidiri. Namun demikian Bomba merupakan tempat yang cukup menarik dan tidak terlalu ramai. Di sini pengunjung dapat berenang dan snorkeling di lokasi yang cukup bagus. Anda juga dapat mengunjungi gua kelelawar yang terletak di dekat Bomba namun untuk mendatangi tempat wisata ini dibutuhkan pemandu.

Wakai

Kawasan pemukiman terbesar di Togean adalah Wakai. Tempat ini merupakan titik keberangkatan bagi kapal-kapal yang akan menuju ke Pulau Kadidiri. Beberapa kilometer ke arah pedalaman terdapat di air terjun. Wisatawan dapat melakukan perjalanan yang menyenangkan menuju ke air terjun melalui desa-desa yang terdapat di kawasan ini.

Pulau Kadidiri

Terletak tidak jauh dari Wakai merupakan pusat kunjungan wisata di Kepulauan Togean. Pulau Kadidiri merupakan pulau paling populer di kalangan wisatawan karena pantainya sangat bagus dengan lokasi snorkeling dan menyelam yang sangat prima. juga tersedia banyak penginapan murah dan di sebelah barat pantai terdapat deretan batu karang terjal yang menjadi habitat kepiting karang.

Desa Ketupat

Kawasan pemukiman utama di Pulau Togean adalah Desa Ketupat yang memiliki sebuah pasar kecil dan sejumlah toko. Di sekitar pulau terdapat kawasan pantai yang lebih indah dari tempat lainnya dan juga lokasi untuk trekking bagi wisatawan yang sudah bosan dengan kegiatan menyelam, berenang atau snorkeling.

Kabupaten Banggai

Memiliki pulau-pulau sedang dan kecil antara lain pulau Peleng, Pulau Banggai, Pulau Bangkurung, Pulau Salue Besar, Pulau Labobo dan 116 pulau-pulau kecil lainnya. Kepulauan ini merupakan kawasan yang sangat bagus untuk melakukan berbagai kegiatan air seperti berenang dan menyelam. Di kawasan perairan ini wisatawan mungkin dapat melihat dugong atau sapi laut dan bahkan ikan paus.

Kepulauan Banggai termasuk dalam kawasan wilayah yang memiliki keunikan tersendiri. Wilayah ini terdiri dari kepulauan besar, pulau kecil, pegunungan dan perbukitan. Di pedalaman tersebar beraneka ragam flora dan fauna, pesisir pantai kaya akan keanekaragaman ekosistem laut, seperti hutan bakau, padang tipe-tipe seperti biota laut lainnya. Untuk wisata pantai dan bawah laut maka Pulau Mekelu (Pulau Tikus), Pulau Lasampung Delopo, Kembongan merupakan tempat yang dikelilingi pasir putih dan terumbu karang.

Keindahan bawah laut juga dapat dijumpai di Tolobundu di Pulau Lo Bangkurung. Wilayah ini terdiri dari pulau-pulau kecil, tersebar terumbu karang, ikan hias dan pasir putih. Pulau Kembongan merupakan objek wisata pantai untuk kegiatan diving dan snorkeling.

6339 Total Views 20 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply