Danau Maninjau, Danau Eksotis Di Sumatera Barat

May 14th, 2012 dalam kategori Sumatera Barat ditulis oleh 4 Comments | 4,551 kali dibaca |

Wisata ke Sumatra tidaklah lengkap tanpa berkunjung melihat keindahan Danau Maninjau Sumatera Barat. Kebanyakan wisata alam di Indonesia memang memiliki cerita rakyat / dongeng yang menghiasinya, termasuk danau ini. Sumatera Barat, Kabupaten Agam, Kecamatan Tanjung Raya. Danau ini menyuguhkan bentangan alam yang menyenangkan untuk relaksasi sempurna jalan-jalan liburan di alam bebas.

Cerita rakyat dan legenda menghiasi di kota ini. Ada cerita konon percintaan antara seorang bujang (laki-laki muda) dengan seorang gadis yang difitnah oleh keluarga sang gadis telah melakukan tindakan asusila padahal mereka belum menikah. Sampai mereka bersumpah untuk bunuh diri berdua masuk ke dalam kawah gunung berapi. Jika yang dituduhkan benar, maka tidak akan terjadi gunung meletus, jika salah, maka gunung pun meletus. Akhir cerita, apa yang dituduhkan kepada mereka salah, sehingga kawah terbentuk menjadi danau seperti sekarang. Entah benar atau tidak, cerita rakyat selalu berhasil menarik wisatawan asing maupun lokal untuk mengunjungi wisata alam di Indonesia, termasuk Danau Maninjau ini.

Akses ke lokasi tujuan bagaimana? Jakarta, akan menjadi patokan keberangkatan menuju lokasi. Tepatnya dari Bandara Soekarno-Hatta berangkat sampai ke Bandara Minangkabau. Jika melihat tiket penerbangan untuk mencapai kesana, harga berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 800.000 tergantung hari keberangkatan karena bisa berubah sewaktu-waktu. Setelah sampai di kota Padang, akan dibahas beberapa cara untuk dapat mengakses wisata alam Danau Maninjau ini. Terletak 35 kilometer dari kota Bukittinggi, Anda dapat menyewa mobil untuk mencapai daerah Danau Maninjau. Angkutan umum juga banyak tersedia. Berjarak 140 km dari kota Padang, dapat ditempuh dari kota Padang dengan kendaraan pribadi 2,5 jam dengan kecepatan kendaraan mencapai 60 km/jam. Jika berangkat dari Bukittinggi jarak yang diperlukan untuk sampai ke tempat tujuan hanyalah 36 km. Jika sudah berada di Kabupaten Agam, jaraknya lebih dekat lagi.

Untuk menikmati wisata alam di sini berhari-hari, maka tentulah anda membutuhkan penginapan sebagai tempat beristirahat. Karena di Danau Maninjau ini, letaknya berbukit-bukit, sehingga banyak resort/hotel yang telah tumbuh berkembang pesat. Ada beberapa hotel yang bisa menjadi rujukan;

1. Nuansa Maninjau Hotel. Terletak di Embun Pagi, Matur Mudik Kab. Agam Sumatera Barat. Harga paling murah untuk reservasi kamar adalah Rp 650.000. Harga berubah saat hari libur.

2. Hotel Pasir Panjang Permai. Karena termasuk losmen, bukan hotel pada umumnya, sehingga menyediakan penginapan yang seperti rumah sendiri atau biasa disebut homestay. Harga resevasi kamar permalamnya adalah Rp 230.000,-

3. Hotel Maninjau Indah. Terletak dekat dengan dekat pasar Maninjau. Harga reservasi tiket permalam disana adalah Rp. 150.000 sampai Rp. 800.000.

Masih banyak hotel dan tempat penginapan di sekitar Danau Maninjau yang berharga murah dari Rp 150.000 semalam sampai jutaan rupiah tergantung dari bagaimana anda memilih kenikmatan dalam beristirahat. Tentu semakin mahal harga per kamar, semakin berkualitas juga pelayanan kamar yang ditawarkan. Walau masih kurang fasilitas untuk menikmati danau seperti adanya perahu untuk mengelilingi pulau dan berenang di danau yang masih dilarang, karena anda tetap harus menghormati budaya masyarakat sekitar. Jadi pilihlah hotel yang bisa memberikan anda fasilitas lebih yang tidak didapatkan di masyarakat sekitar sebagai penikmat liburan anda di Danau Maninjau.

Belum lengkap juga jika tidak membawa oleh-oleh setelah berwisata bukan, di Danau Maninjau jelas bahwa banyak oleh-oleh yang bisa anda bawa. Dari kain songket khas Sumatera, tas, sendal, untuk panganan anda bisa membawa pulang kripik balado atau kripik singkong pedas. Jadi ke Danau Maninjau bisa menjadi wisata pelengkap anda di Sumatera, tidak lagi hanya Danau Toba yang anda kenal.

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

4 Comments

nama penginapan yang harganya 50 rb an apa??
sy sekarang di maninjau, tp ga dapat yang harga segitu.

abdi

5/19/2012

Hehe, maaf salah ketik itu. Bukan Rp. 50.000,- tetapi 150.000,-

Untuk penginapan yang murah bisa dicoba ke Pillie Homestay atau Muaro Beach. :D

admin

5/21/2012

Eh itu yang berdiri di tepi danau maninjau siapa? perasaan kenal deh..

giewahyudi

6/11/2012

Leave a Reply