Danau Ulak Lia, Danau Indah Di Musi Banyuasin

Masih seputar dunia wisata alam di Pulau Sumatera. Kali ini datang dari danau di daerah Soak Baru, Muara Enim, seberang kota Sekayu. Seperti wisata alam pada umumnya, danau ini pun tak lepas dari cerita mitos pada jamannya. Dimana ada kisah seorang anak perempuan yang tenggelam karena pernah ada pusaran air yang terjadi dan menghisapnya ke dalam danau.

Sehingga danau ini diberi nama Ulak Lia. Sebenarnya danau ini jauh dari hal yang mistis dan menyeramkan tentang adanya pusaran air tersebut. Karena danau ini unik. Bentuknya seperti tapal kuda. Anda pun bisa menikmati pepohonan yang mengitari danau ini. Sebenarnya danau ini lebih kepada dataran rendah yang memungkinkan terendam air sepanjang tahun. Ada beberapa waktu yang mana air bisa surut dan melihat sisi dasar danau. Namun waktu itu pun tidak tentu.

Walau begitu, air danau ini cukup jernih. Untuk mencapai danau ini pun anda harus melewati dari sungai musi selama 30 menit menggunakan perahu yang ada disana. Dari pusat kota hanya butuh jarak 4 kilometer saja. Diketahui Kota Sekayu sendiri pernah dijadikan tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional [PON ] ke-26.

Sebenarnya danau ini belum banyak dieksplorasi. Hanya ada beberapa tempat seperti rumah panggung di samping-samping danau sebagai tempat untuk menyaksikan keindahan danau. Karena jalan pun masih banyak yang berlubang, jalan penghubung Kabupaten Muaraenim dan Sekayu masih banyak yang rusak.

Untuk melewati dari pusat kota bisa menggunakan kendaraan umum yang ada di sana. Danau yang belum dikembangkan ini sebenarnya telah direncanakan akan di kembangkan pada tahun 2012 ini. Namun apapun rencana pemerintah, pengembangan Danau Ulak Lia ini menjadi tempat wisata yang baik belum menunjukkan bukti yang nyata. Dikatakan beberapa media pemerintah setempat ingin membangun 4 gerbang yang mengelilingi danau ini.

Tapi hal itu pun belum terlihat. Bahkan rencana pembangunan jembatan, arena bermain air, taman kreasi, track jogging belum sepenuhnya tampak. Yang benar-benar dilakukan barulah pembebasan lahan danau yang baru sekitar 16 ha dari total 500 ha. Sehingga fasilitas rekreasi belum ada beritanya tentang hal itu.

Anda tidak perlu khawatir. Karena danau ini sangat indah dan masyarakat sekitar juga telah memanfaatkannya sebagai sarana pelepas penat, maka pastilah hingga artikel ini terbit sudah banyak sarana dan prasarana menunjang dari sana.

Penginapan di Kota Sekayu pun sudah banyak yang bisa anda nikmati. Namun dibandingkan jumlah hotel, lebih banyak wisma dan losmen di sini. Hotel Ranggonang adalah salah satu hotel berbintang tiga yang ada di sana. Sisanya masih belum banyak hotel berbintang yang ada. Bahkan Hotel Ranggonang mungkin satu-satunya hotel yang berbintang di Kota Sekayu ini. Karena hanya satu-satunya hotel berbintang tiga, maka harga kamarnya pun cukup mahal. Untuk harga kamar menginap dalam satu hari saja dikenai biaya sekitar Rp 450.000 dan yang paling mahal sekitar Rp 950.000 per malamnya. Fasilitas pun dapat menghibur anda di kala telah berwisata ke Danau Ulak Lia. Ada coffee shop, Cala Lounge Bar, karaoke keluarga, dan ruang rapat yang luas.

Tidak disayangkan kok jika anda menyempatkan waktu untuk bisa datang ke Danau Ulak Lia ini. Nikmati keindahan danau yang masih bersih, masih asri, cocok menghabiskan waktu dan menikmati kesegaran danau bersama keluarga anda di sini. Selamat berlibur ke Muara Enim, Danau Ulak Lia. (him)

10115 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply