Digigit Lintah Saat Hiking Ke Curug Sawer

Beberapa waktu lalu, saya dan istri menghabiskan sebuah libur long weekend dengan berjalan-jalan ke daerah Sukabumi, tepatnya naik ke Curug Sawer. Kenapa disebut naik? Karena untuk mencapai air terjun tersebut, kita harus melakukan hiking menembus hutan, naik turun selama kurang lebih dua jam. Tak banyak persiapan yang kami lakukan, karena memang kami tak membayangkan sebelumnya jika medannya bakalan berat.

Di tengah gerimis di pagi hari, saya dan istri yang saat itu sedang hamil satu bulan (Ya, istri saya sedang hamil muda saat itu!) menembus deretan pepohonan di Situ Gunung untuk mencapai Curug Sawer. Pakaian juga pakaian biasa, tetapi karena udara cukup dingin, saya memaksa istri menggunakan jaket, sedangkan saya sendiri hanya mengenakan selembar kaos.

Saking asyiknya, dua jam kami lalui menembus hutan, dan sampai di air terjun lupa sudah rasa lelah yang dirasa. Bermain air sebentar di sungai yang mengalir dari air terjun Curug Sawer, dan dilanjutkan dengan sarapan pagi di sebuah warung di luar area wisata. Tak lupa mengabadikan beberapa gambar, kamipun memutuskan segera kembali ke penginapan karena siang harinya sudah harus kembali lagi ke Jakarta.

Luka Bekas Digigit Lintah

Saat membuka kaos hendak mandi, kagetlah saya karena ternyata di lengan menggantung seekor lintah yang menggigit entah sejak kapan. Jika melihat badannya yang sungguh nampak gendut, mungkin sudah kekenyangan darah, saya duga dia masuk ke dalam pakaian sejak pagi hari kami ke luar dari penginapan.

Dengan pengetahuan yang minim dan belum pernah memiliki pengalaman berhubungan dengan lintah, saya meminta istri untuk mencari puntung rokok. Saya sendiri tidak merokok, sehingga tidak memiliki rokok di dalam kantong dan tas. Setelah mendapatkan puntung rokok, istri lalu membasahinya dengan air dan menempelkan tembakau tersebut di lengan saya. Terlepaslah si lintah dari lengan, dengan meninggalkan bekas luka gigitan lintah yang terus-terusan mengeluarkan darah.

Setelah terlepas, kami tidak tahu lagi bagaimana caranya menghentikan darah yang terus mengalir tersebut. Gigitan lintah bikin lengan saya mengeluarkan darah tanpa henti. Meski kecil, tapi cukup mengganggu juga karena menimbulkan rasa sedikit gatal pada kulit. Namun saya tidak berani mengambil tindakan lebih lanjut, takut malah memperburuk luka. Makanya saya biarkan saja, dan hanya membersihkan diri [mandi].

Sebenarnya ada nggak sih obat digigit lintah? Hehehe.. Pernah punya pengalaman juga dengan digigit lintah? Bagi dong di kolom komentar.

22127 Total Views 33 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

7 Comments

  1. Fariz Degari November 16, 2012
  2. Yuli April 5, 2013
  3. deden July 2, 2013
  4. enjhi @enjijoyy May 31, 2014
  5. Herry BoY June 2, 2015
    • admin June 9, 2015

Leave a Reply