Durian Lampung Yang Wajib Dicoba

Apa yang Anda ingat ketika nama Lampung disebut? Pasti jawabannya adalah gajah. Tetapi, salah satu yang pasti Anda ingat selamanya jika sudah mencoba: Durian Lampung! Di antara durian-durian dari bernagai daerah, Lampung salah satunya yang juga terkenal dengan durian. Tak jarang, orang jauh-jauh datang ke Lampung hanya demi untuk makan durian.

durian lampung

Apa sih keistimewaan durian? Durian adalah tanaman tropis yang nama ilmiahnya Durio Zibethinus. Yang terkenal diantara jenis-jenis durian antara lain montong, petruk, dan tak lupa pula durian lampung. Durian Lampung, tentu saja durian yang tumbuh dan berbuah di wilayah Lampung. Penduduk sekitar menyebutnya dengan durian Putra Alam.

Nggak lengkap rasanya ke lampung tanpa berburu durian. Anda dengan mudah dapat menemukannya di sentra-sentra durian yang ada seperti Desa Tanjung Alo, atau di jalan Radin Imba Kesuma dan Way Halim, Bandar Lampung. Banyak sekali wisatawan dari luar Lampung yang berburu durian hingga ke pelosok Lampung.

Untuk menuju Jalan Raden Imba Kesuma, yang terletak di perbukitan, Anda bisa mengambil arah dari Jalan Cut Nyak Dien dan berbelok ke arah Jalan Agus Salim. Setelah mendaki sesaat, jalan tersebut akan membawa Anda ke pertigaan yang menghubungkan Jalan Agus Salim dengan Jalan Ridwan Rais dan Jalan Radin Imba Kesuma. Di tengah-tengah pertigaan tersebut berdiri tegak Tugu Durian. Apabila sudah menemukan tugu tersebut, artinya Anda sudah memasuki wilayah sentra produksi sekaligus pemasaran durian.

Di dua sentra pemasaran itu, durian didatangkan langsung dari kebun-kebun durian warga Sukadanaham. Satu gelondong kecil dijual dengan harga Rp 7.500, gelondong sedang Rp 15.000, dan gelondong besar sekitar Rp 30.000. Harga tersebut bukan harga mati. Bagi Anda yang pandai menawar, silakan uji kemampuan menawar durian di sini.

Masyarakat Lampung biasa mengolah durian menjadi makanan, di antaranya tempoyak, dodol durian, lempok durian, kolak durian, hingga permen durian. Makanan olahan ini bisa didapatkan di sentra oleh-oleh dan jajanan tradisional Lampung.

4215 Total Views 2 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply