Eksotisme Pantai Ngobaran di Gunung Kidul

Ada yang sudah pernah jalan-jalan ke Pantai Ngobaran? Pasti masih jarang ya? Pantai Ngobaran berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Gimana caranya ke sana? Dari Yogyakarta jauhnya sekitar 65 kilometer. Anda dapat menuju Wonosari melalui Piyungan. Jalanan menanjak dan melewati tikungan bokong semar, Patuk (yang terkenal dengan bakpia-nya) dan tanyalah arah menuju Paliyan. Setelah itu akan melewati hutan Sodong. Masih ada kera di hutan ini. Dan jika Anda sudah sampai Pasar Trowono, berarti sudah dekat. Tanyalah arah ke Pantai Ngobaran.

pantai ngobaran

Apa yang menarik dari Pantai Ngobaran? Beberapa diantaranya adalah hamparan rumput laut yang berwarna hijau dan coklat jika air sedang surut. Dan yang utama adalah adanya empat ibadah yang berdiri berdekatan di sekitar Pantai Ngobaran ini. Yang pertama adalah Pura dengan patung-patung dewa berwarna putih, tempat ibadah Kejawan. Yang kedua adalah bangunan joglo yang digunakan sebagai tempat peribadatan Kejawen. Yang ketiga, adalah Pura ibadah orang-orang Hindu. Dan keempat, yang terakhir, adalah sebuah Masjid kecil berukuran 3×4 meter.

Kehidupan masyarakat sekitar banyak tergantung dari hasil laut. Jika pagi mereka mencari rumput laut dan dijual kepada tengkulak, jika sore mereka mencari landak laut ataupun kerang-kerangan sebagai lauk sehari-hari. Pantai Ngobaran dapat dilihat dari atas bukit dan akan terlihat seperti hamparan sawah yang menghijau karena banyak rumput lautnya.

Tak ada salahnya Anda menyempatkan jalan-jalan ke Pantai Ngobaran jika sedang di Yogyakarta. Keindahannya akan sebanding dengan jarak yang telah Anda tempuh.

2756 Total Views 4 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. Febri April 26, 2011

Leave a Reply