Festival Danau Sentani Di Papua

Apa yang ada di benak Anda jika ada yang menyebut kata Papua? Apakah hutan belantara dengan masyarakat adatnya yang masih primitive, ditambah dengan bukit-bukit dan pegunungan yang tiada habisnya, transportasi yang sangat susah dan cuaca yang panas? Oh ya, masih ada satu lagi: semuanya mahal. Padahal, ada yang sangat menarik yang bisa dieksporasi keindahannya di Bumi Cendrawasih, sebutan untuk propinsi Papua yang khas. Dan Anda wajib berkunjung untuk melihat Festival Danau Sentani yang sangat terkenal itu.

Keengganan warga Indonesia sendiri untuk berkunjung ke Papua bisa dimaklumi, karena posisi geografisnya yang sangat jauh, menjadikan biaya yang harus disiapkan tidaklah kecil. Coba Anda bandingkan dengan ke Malaysia, Singapura, Vietnam atau Negara-negara tetangga lainnya yang “tinggal loncat” sudah sampai.

Potensi wisata Papua sangatlah luas. Tidak hanya objek wisata bahari seperti Raja Ampat saja yang sudah sangat terkenal, namun lokasi-lokasi lainnya yang belum punya nama-pun tak kalah indahnya. Hampir semua sudut menawarkan keindahan yang berbeda dengan yang bisa kita dapatkan di belahan barat Indonesia. Ada burung Cendrawasih, burung khas Papua, wisata fauna dan flora yang unik, budaya dan sejarah yang belum terungkap, dan lainnya.

Danau Sentani memiliki sebuah festival yang diadakan setiap tahunnya untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke Papua. Ada juga Tugu Jenderal Douglas Mc Arthur yang terdapat di Sentani, bekas peninggalan Perang Dunia ke dua. Pada bagian utara dari tugu, dikelilingin dengan pegunungan Cyclop, gunung yang memiliki ketinggian 325 meter dengan puncak tertingginya Gunung Dofonsoro.

Danau Sentani di Sentai Papua, berada di ketinggian sekitar 80 meter di atas permukaan laut. Danau Sentani adalah danau vulkanik, yang sumber mata airnya dari empat belas sungai yang bermuara pada Sungai Jaifuri Puay. Beberapa hewan yang bisa Anda temui di Danau Sentani adalah Elang dan Bangau. Untuk berkeliling danau sentani, Anda dapat memanfaatkan perahu Jhonson. Atau, Anda dapat mengunjungi Kampung Wisata Tablanusu yang ada di dekat Danau Sentani.

Festival Danau Sentani diadakan oleh Pemerintah Daerah untuk menyelamatkan budaya local, Ondoafi atau Ondofolo. Apa yang bisa Anda temukan di Festival Danau Sentani? Ondoafi atau Ondofolo yang merupakan tarian perang di atas perahu. Masyarakat dengan baju khas dan tradisionalnya, menarikan tarian perang di atas perahu. Dalam jumlah yang banyak dan datang dari berbagai suku yang hidup di sekitar Danau Sentani, menjadikan Festival ini salah satu objek wisata yang layak Anda kunjungi saat berada di Papua. Sesuaikan dengan jadwal perjalanan Anda, sehingga bisa menikmati Festival Danau Sentani tersebut.

2680 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

3 Comments

  1. Anas January 22, 2011
  2. ary June 20, 2011
  3. salam kenal Ricky; June 26, 2011

Leave a Reply