Festival Galesong di Pantai Galesong Takalar

Pantai Galesong di Takalar, Sulawesi Selatan, adalah pantai dengan berbagai fasilitas yang baru saja diperbaharui oleh pemerintah daerahnya. Jika anda berencana jalan-jalan ke Makassar, tak ada salahnya untuk membuktikan keindahan pantai ini, yang biaya masuknya Rp. 30.000,- per orang tiket masuknya. Dengan jarak yang hanya sekitar lima kilometer dari Makassar dan waktu tempuh tidak sampai setengah jam, anda sudah bisa berenang dan melihat pemandangan pantai nan indah.

Pantai Galesong Takalar

Sumber gambar dari sini.

Pantai Galesong ini sudah dibangun dengan konsep taman bermain, sehingga kita tidak hanya disuguhi pemandangan pantai yang indah saja, tetapi sudah ada beberapa wahana permainan yang bisa kita nikmati, termasuk speedboat dan lain-lain. Untuk menginap di wisma yang terdapat di objek wisata ini, biaya per malamnya berkisar Rp. 300.000,- Anda bisa menyaksikan Festival Galesong jika datang pada bulan Mei 2011 yang akan datang.

Festival Galesong adalah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan dan berharap untuk mendapatkan kesejahteraan lebih di masa mendatang, nelayan Galesong mengadakan pesta yang disebut Patorani Galesong. Festival Galesong adalah festival gala tradisional, dimana dihadiri ribuan orang, dan ada berbagai makanan khas disajikan.

Upacara diselenggarakan di Pantai Galesong, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Jika Anda dari Lapangan Karebosi, jaraknya sekitar 20 kilometer. Appanaung Ri Je’ne merupakan puncak upacara adat Patorani Galesong. Prosesi ini adalah dilakukan dalaam bentuk memulai perahu nelayan ke laut sebagai pertanda musim berburu telah tiba, terutama berburu telur ikan terbang.

Patorani Galesong adalah upacara yang dilakukan selama seminggu sebelum akhir ke pesta. Ritual Patorani Galesong dimulai dari Accini Allo (melihat hari-hari yang baik untuk turun ke laut), Abbeso ‘Biseang (menarik perahu dari pantai ke daratan), Annisi Biseang (prosesi untuk mempersiapkan peralatan memancing selama enam hari), Apparada (mengecat kapal agar terlihat lebih terang), Angngalle Leko Kaluku (mempersiapkan daun kelapa sebagai pembungkus telur ikan terbang), dan Appanai Pakkajang (mengisi perahu dengan persediaan). Upacara terbesar yaitu Appanaung Ri Je’ne (mendorong perahu nelayan ke laut dan menyanyikan lagu-lagu tradisional). Kemudian Appassili (prosesi untuk mengapung persembahan ke laut) dan Allappasa (melepaskan nelayan ke laut dengan gelombang keluarga).

Festival Galesong telah ditetapkan sebagai agenda pariwisata tahunan oleh Pemerintah Kabupaten Takalar. Kegiatan ini dilanjutkan dengan upacara Maudu Lompoa untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad. Agenda wisata yang disebut Pekan Maudu Lompoa dan Pesta Nelayan.

3575 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

2 Comments

  1. daengrompa March 29, 2011
  2. ANHY December 10, 2011

Leave a Reply