Festival Teluk Jailolo 2012, Undang Saya Ke Sana…

Saya meyakini kalau keindahan alam Indonesia jauh lebih menarik untuk dieksplor jika dibandingkan dengan jalan-jalan ke luar negeri. Maka, meskipun selama ini harus selalu mengeluarkan uang dari kantong sendiri untuk membiayai jalan-jalan menjelajahi negeri tercinta, tak ada sedikitpun penyesalan saya.

Saya sudah beberapa kali jalan-jalan gratis ke luar negeri, bahkan sampai dengan diberi uang saku segala, hanya untuk menuliskan objek wisata yang telah saya kunjungi tersebut di blog. Padahal, dari awal mula saya membuat blog ini, –dengan biaya domain dan hosting yang tak bisa dibilang murah– saya memiliki harapan dapat menuliskan semua keindahan objek wisata yang ada di Indonesia. Bukan di luar negeri.

Makanya saya berharap, saya bisa mengikuti acara Festival Teluk Jailolo 2012 ini dan menjadikannya yang pertama kali dalam hidup saya, sebuah perjalanan yang disponsori oleh daerah wisata lokal. 😀

Jika terpilih untuk jalan-jalan ke Halmahera Barat, saya akan berusaha mendapatkan sebanyak mungkin pengalaman untuk dibagikan dengan pembaca blog ini. Yang paling menyedihkan adalah kenyataan bahwa Halmahera Barat itu penuh dengan keindahan, sebenarnya banyak orang yang sudah berkunjung ke sana, tetapi masih sangat sedikit sumber informasi yang bisa didapatkan secara gratis terutama di internet soal keindahan tersebut. Sayang sekali, bukan? Saya berjanji akan menuliskan cerita saya secara lengkap dan detail, agar setiap orang yang berkeinginan jalan-jalan ke Halmahera Barat bisa mendapatkan sebanyak mungkin informasi tentang bumi rempah-rempah tersebut.

Bagian nyusun itinerary ini yang paling sulit. Butuh waktu untuk bisa menyusun semua objek wisata yang ingin dikunjungi secara rinci, baik memutuskan kapan berangkat dan pulang demi mendapatkan tiket pesawat yang murah, sampai merinci semua anggaran biaya yang mungkin dikeluarkan.

Panitia menyebutkan akan menanggung 1 tiket penerbangan kelas ekonomi Jakarta-Ternate (PP), transportasi Ternate-Jailolo (PP), dan akomodasi selama berlangsungnya acara FTJ 2012. Sedangkan saya baca dari tweetnya, @Jailolo2012Fest menyebutkan bahwa Festival Teluk Jailolo 2012 berlangsung dari 17-19 Mei 2012.

Tiket Ekonomi Yang Mahal Ke Jailolo

Saya cari tiket murah yang berangkat tanggal 14, 15 atau 16 Mei 2012 (mendekati tanggal berlangsungnya festival) tetapi tidak ada. Jika berangkat tanggal 12 atau 13 Mei 2012, harus pulang tanggal 19 Mei 2012, sayang sekali berarti akan melewatkan Cabaret On The Sea. Jika pulang tanggal 20 Mei 2012, harga yang harus dibayar untuk tiket saja hampir mendekati angka empat setengah juta rupiah.

Tiket Garuda Murah Ke Jailolo

Pilihan akhirnya jatuh berangkat tanggal 15 Mei 2012 dan pulang tanggal 22 Mei 2012. Harga tiket pesawat PP masih masuk akal, sekitar dua setengah juta rupiah. 😀

Itinerary PP Ke Jailolo

Oke, berarti saya akan menyusun itinerary dengan patokan berangkat dari Jakarta 15 Mei 2012 jam 05.40 WIB dan tiba di Ternate jam 12.40 WIT. Kembali ke Jakarta dari Ternate tanggal 22 Mei 2012 jam 13.25 WIT dan tiba di Jakarta jam 16.05 WIB.

Itinerary Festival Teluk Jailolo 2012

Itinerary Festival Teluk Jailolo 2012

Itinerary Festival Teluk Jailolo 2012

Itinerary Festival Teluk Jailolo 2012

Itinerary Festival Teluk Jailolo 2012

Itinerary Festival Teluk Jailolo 2012

Itinerary Festival Teluk Jailolo 2012

Catatan:

  1. Saya menyusun rincian anggaran di atas berdasarkan pemahaman atas biaya yang akan ditanggung oleh panitia di bagian term and condition. Sehingga saya bedakan menjadi dua, mana yang akan ditanggung oleh panitia (latar krem) dan mana yang harus menjadi tanggungan peserta jalan-jalan (latar putih). Jika ada kesalahan penafsiran, dan seluruh biaya jalan-jalan akan ditanggung oleh panitia, YIPPPIIEE, saya senang sekali! Tetapi kalaupun tidak, setidaknya saya sudah tahu berapa gambaran budget pribadi yang harus saya siapkan.
  2. Besarnya berbagai tarif dalam anggaran di atas saya cari informasinya secara online melalui mesin pencari. Sedikit sekali referensi yang bisa saya dapatkan, sehingga selalu ada kemungkinan kesalahan besarnya tarif. Maka dari itu, saya pasti akan menyiapkan anggaran darurat dan keperluan biaya ekstra lainnya di luar yang sudah tercantum di atas.
  3. Meskipun sudah berusaha saya rinci, tetapi itinerary tersebut juga bisa menjadi fleksibel, jika memang ada jadwal dari panitia yang telah ditentukan dan harus saya jalani.

Air Terjun KahatolaCopyright gambar oleh MuslianshahMasrie

Bingung karena tidak menemukan Air Terjun Kahatola dalam itinerary saya? Hehehe, siapa sih, yang tak ingin ke Kahatola? Melihat air terjun yang langsung jatuh ke laut, dan mungkin cuma ada di Halmahera Barat?

Jawabannya: karena terlalu berat dengan ongkos transportasinya. Saya membuka beratus-ratus tulisan dan gambar tentang air terjun ini, dan tak satupun menuliskan berapa biaya sewa speedboat menuju Air Terjun Kahatola. Hanya ada informasi bahwa waktu yang dibutuhkan adalah 3 jam. Iseng, saya berkirim sms ke seorang teman yang berasal dari Maluku Utara. Memang, sekarang sudah tinggal di Jakarta dan lama tidak pulang ke tempat asalnya, tapi setidaknya informasi yang saya dapatkan bikin pingsan: sewa speedboat ke Kahatola itu PP sebesar Rp. 3.000.000,- Kalau saya harus bayar sendiri, nyerah, nggak sanggup deh. *nelen ludah berharap dibayarin panitia*

~~~

Festival Teluk Jailolo 2012, undang saya ke tempatmu yaaa…

6052 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. bocah petualang March 25, 2013

Leave a Reply