Gunung Padang, Situs Megalitikum Di Cianjur

Gunung Padang01

Sekarang ini kan kita hidup di dunia yang semua informasi ada di genggaman tangan, tetapi untuk hal-hal tertentu, saya pikir kita masih belum bisa menemukan penjelasannya secara gamblang, bagaimana orang-orang yang kita anggap ‘primitif’ melakukan pekerjaan seperti membuat candi, misalnya.

Gunung Padang02

Misteri-misteri seperti itu menarik buat saya. Ya masih di tahap menarik sih, belum dipelajari lebih jauh. Tapi udah cukup bikin penasaran lah ya, kayak apa sih, yang katanya situs dari jaman megalitikum, 10 ribu tahun sebelum masehi itu penampakannya…

Gunung Padang03

Bagaimana orang-orang pada jaman dahulu itu membangun peradabannya. Candi Borobudur yang dibangun pada tahun 800 masehi aja spektakuler kan ya? Nah, ini dari jaman yang ada orang bilang masa kejayaan atlantis. Saya baca di beberapa blog, dari dua buku terakhirnya Plato ditulis tentang Atlantis ini dan ada ilmuwan yang meyakini adanya di Indonesia. Nah!

Gunung Padang04

Meluncurlah kami serombongan menuju daerah Cianjur, di mana Gunung Padang berada. Ingin membuktikan, benarkah situs megalitikum tersebut memang benar adanya? Hasil baca-baca tulisan blogger lain sih, akses masuknya ancor bener. Ya sudah deh, akhirnya pakai jasa tour agent ajah ya, biar nggak capeks. *hayah*

Gunung Padang05

Mendaki Gunung Padang saat hujan itu ada tantangan tersendiri. Yang pertama, jalanan naik dan terjal dengan jumlah anak tangga hampir empat ratus itu udah pasti capek. Yang kedua, namapun juga gunung. Pastilah banyak tanah liatnya. Disirem air hujan yang nggak berhenti-henti, becek, jadi licin super!

Gunung Padang06

Sampai di puncak, emang bener ini situs keren. Gimana caranya dan butuh berapa lama menyusun batu-batu sehingga bisa jadi seperti Gunung Padang sekarang ini? Apalagi, jika temuan-temuan tersebut kemudian direka ulang, dan diprediksikan kondisi awal situs tersebut ada yang bilang mirip piramid lah, atau 5 lapis itu dari tahun 25 ribu sebelum masehi lah. Wuih!

Gunung Padang07

Dari puncak Gunung Padang, memandang bukit-bukit di sekitarnya, penuh pepohonan diselimuti kabut, dan udara yang sangat segar, membuat betah dan ingin berlama-lama.

Gunung Padang08

Tetapi tangga-tangga batu ini sudah menanti untuk mengantar kami kembali turun dan menghadapi hidup seperti rutinitas sebelumnya. Bertemu macet dan debu jalanan di pagi dan sore hari. Hiks.

Gunung Padang09

Gunung Padang10

Gunung Padang11

Gunung Padang12

Selamat tinggal, Gunung Padang, mungkin nanti saya akan membawa bayi ini ke sini lagi. Kalau sudah agak besar, tentunya. Supaya dia bisa mendaki dan menuruni tanggamu sendiri, tanpa bantuan kami orang tuanya yang harus menggendongnya. Semoga!

Gunung Padang13

Gunung Padang14

Gunung Padang15

Gunung Padang16

Gunung Padang17

Gunung Padang18

Gunung Padang19

Gunung Padang20

Gunung Padang21

8128 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

2 Comments

  1. cumilebay.com December 29, 2013
  2. Dyah deedee January 8, 2014

Leave a Reply