Indahnya Taman Jesper Di Tasikmalaya

Jesper

Kabupaten Tasikmalaya dibelah oleh Sungai Cimedang yang berada di lebatnya hutan. Panjang aliran Sungai Cimedang sendiri mencapai 70 kilometer, dan memiliki batuan jesper hasil sedimentasi gunung bawah tanah.

Dari Bandung kita bisa menuju Kota Tasikmalaya dan kemudian mengambil rute ke Pancatengah dengan total jarak sekitar 180 kilometer. Dengan bis AC jurusan kota Bandung Tasikmalaya, ongkos transportasi yang kita keluarkan adalah Rp. 25.000,- per orang. Melanjutkan perjalanan ke Pancatengah, sekitar dua jam perjalanan, dengan bis non AC biayanya sekitar Rp. 20.000,- Tak sampai di situ, perjalanan harus dilanjutkan dengan ojek motor sejauh hampir satu kilometer dengan biaya Rp. 10.000,-

Untuk mencapai Taman Jesper di Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya, teman-teman harus melalui jalan yang berkelak-kelok dan jalanan rusak. Apalagi jika sudah sampai Buniasih dan naik ojek menuju Sungai Cimedang, tak beraspal dan rusak.

Taman Jesper di Tasikmalaya ini sejarahnya adalah sebuah gunung berapi bawah laut yang aktif sekitar 25 juta tahun lalu. Semburan material gunung api mengeluarkan timah hitam, logam, sulfat dan tembaga dari dalam perut bumi. Material tersebut mengeras dan membentuk batuan berwarna-warni seperti merah, coklat dan kuning yang menawan. Itulah yang disebut dengan batu Jesper.

Batu Jesper sangat keras, halus dan mengkilap. Hulu Sungai Cimedang di Gunung Bongkok dan mengalir sepanjang 70 kilometer melintasi Tasikmalaya dan Ciamis hingga ke Kalapagenep, menampilkan keindahan batu jesper yang sangat indah.

Desa Cibuniasih, tempat di mana batu jesper sangat banyak ditemukan, disebut juga Taman Jesper Raksasa. Salah satu bentuk yang bagus adalah yang setinggi 3 meter dan mirip dengan kukusan nasi. Juni – Agustus adalah waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Taman Jesper Tasikmalaya, karena saat itu adalah musim kemarau. Air Sungai Cimedang yang jernih dan tak begitu dalam, menyebabkan batu jesper terlihat indah.

Bagi yang ingin menantang adrenalin, arung jeram sepanjang 9 kilometer dari Rantobatang menuju Pasirgintung bisa dilakukan di Sungai Cimedang. Tapi kelemahannya adalah, objek wisata ini belum memiliki tempat penginapan, sehingga teman-teman harus menginap di rumah penduduk jika mau bermalam. Atau, menginaplah di Pangandaran, 25 kilometer dari Taman Jesper di Tasikmalaya.

13791 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply