Isen Mulang, Festival Budaya Di Kalimantan Tengah

Isen Mulang adalah sebuah event festival budaya tahunan yang diselenggarakan di Kalimantan Tengah. Dengan mengenakan baju daerah dan menampilkan berbagai tarian dan budaya seni yang ada di Kalimantan Tengah, festival ini diselenggarakan selama 5 hari, untuk mengenalkan ekowisata daerah ini, terutama budaya Dayak.
Beberapa daerah wisata yang terkenal dari Kalimantan Tengah adalah Orang Utan di Tanjung Puting, Sungai Kahayan dan beberapa daerah yang menampilkan budaya Dayak. Isen Mulang berarti Pantang Mundur. Berusaha memperkenalkan budaya Dayak kepada masyarakat luas, dan mengupayakan agar budaya Dayak ini tetap lestari di Kalimantan Tengah.

Beberapa permainan tradisional khas suku dayak diperlihatkan dalam festival Isen Mulang. Seperti sumpit (manyipet), lomba tebang pohon, bagasing, besei kambei, karungut dan ada pula expo berupa stand 13 kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah. Pawai juga diadakan dengan mengelilingi beberapa ruas jalan utama hingga ke alun-alun di Kota Palangkaraya.

Dan yang ditunggu-tunggu adalah lomba dayung, karena olahraga dayung adalah salah satu kekuatan Indonesia di beberapa event olahraga internasional seperti Sea Games dan Asean Games. Juga seni tradisional Sepak Sawut, olahraga sepakbola dengan menggunakan bola yang berapi. (Gambar: Hairil)

7792 Total Views 21 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply