Istana Pagaruyung, Istana Indah Di Balik Bukit

Istana Pagaruyung Sumbar

Saya jalan-jalan ke Padang selama lima hari empat malam. Salah satu objek wisata yang saya kunjungi adalah Istano Basa atau yang lebih dikenal luas dengan nama Istana Pagaruyung. Lokasinya ada di Kota Batusangkar. Meski beberapa kali terbakar dan sempat ditutup untuk umum, saya bersyukur pada kunjungan saya ke Padang kemarin, istana Pagaruyung telah kembali dibuka untuk umum.

Istana Pagaruyung Sumbar

Di belakang istana Pagaruyung terdapat bukit-bukit dan tebing batu. Saya datang ketika matahari tepat berada di atas kepala. Bermodalkan kamera hand phone, saya berusaha membuat beberapa foto.

Di Istana Pagaruyung Sumbar

Menurut Wikipedia, Istano Basa atau Kerajaan Pagaruyung adalah sebuah Kerajaan Melayu yang pernah berdiri, meliputi provinsi Sumatra Barat sekarang dan daerah-daerah di sekitarnya. Nama kerajaan ini dirujuk dari Tambo yang ada pada masyarakat Minangkabau, yaitu nama sebuah nagari yang bernama Pagaruyung. Kemudian hari, nama kerajaan ini dapat juga dirujuk dari inskripsi cap mohor Sultan Tangkal Alam Bagagar dari negeri Pagaruyung, yaitu pada tulisan beraksara Jawi dalam lingkaran bagian dalam yang berbunyi sebagai berikut: Sultan Tangkal Alam Bagagar ibnu Sultan Khalīfatullāh yang mempunyai tahta kerajaan dalam negeri Pagaruyung Dārul Qadār Johan Berdaulat Zillullāh fīl ‘Ālam.

Pagaruyung Istana di Sumatera Barat

Kerajaan ini akhirnya runtuh pada masa Perang Padri. Ditandatanganinya perjanjian antara kaum Adat dengan pihak Belanda telah menjadikan kerajaan Pagaruyung berada dalam pengawasan Belanda.

7320 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply