Jadwal Festival Di Jawa Tengah Juni Hingga Desember 2012 [Bag 2]

Dugderan

Diawali dengan pasar malam seminggu sebelumnya, Dugderan diselenggarakan sebagai tanda dimulainya bulan Puasa. Ada karnaval pakaian adat, promosi potensi kesenian Kota Semarang, dan pawai dari Balai Kota Semarang menuju Masjid Agung Jawa Tengah, sehari sebelum puasa, mulai pukul 12.00 sd. 18.00 wib.

Arak-arakan Sam Poo Tay Djien

Laksamana Cheng Ho atau Sam Poo tay Djien, diperingati kedatangannya dengan arak-arakan dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Sam Poo Kong. Iring-iringan Barongsay dan naga akan mengiringi rumah-rumahan yang di dalamnya terdapat abu Laksamana Cheng Ho.

Syabanan Ambarawa

Kabupaten Semarang Juli 2012 akan menyelenggarakan event tradisional di Desa Ngamin, Kecamatan Jambu, Ambarawa setiap tanggal 15 Ruwah. Tahun 2012 ini bertepatan dengan bulan Juli. Sepanjang jalan raya Ambarawa – Jambu akan dipenuhi dengan penjual kue serabi. Dan akan dilanjutkan dengan mandi di sendang tujuh yang bernama Condong, Tulung, Klotok, Sambung, Ngisrep, Soca dan Aji.

Dieng Culture Festival

Diselenggarakan mulai tanggal 1-3 Juli 2012 di Dieng, Kabupaten Banjarnegara, festival ini dikenal dengan acara pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng yang dianggap sebagai titisan dewa.

Pesta Baratan

Tanggal 4 Juli 2012 di Kabupaten Jepara. Pesta ini sebagai penghormatan masyarakat kepada Sultan Hadlirin yang terbunuh oleh Aryo Penansang. Akan ada hidangan makanan khas bernama Puli, dan doa bersama, setelah itu dilanjutkan dengan mengarak lampion sambil bersholawat.

Bersih Desa Sendang Sinongko

Tanggal 12 Juli 2012 di Kabupaten Klaten, diadakan bersih desa Sendang Sinongko. Bersih Desa diadakan setelah panen padi dengan menyembelih ratusan kambing di bawah pohon gayam di dekat sendang Sinongko. Kambing tersebut kemudian dimasak bersama-sama setelah selesai sholat Jumat, dan diakhiri dengan makan bersama sebagai ucapan syukur atas panen padi mereka.

Tradisi Dhandangan

Kabupaten Kudus pada tanggal 18 Juli akan menyelenggarakan tradisi Dhandangan. Pada masa Sunan Kudus, tradisi menyambut bulan puasa akan diumumkan di Menara Kudus Kulon. Tradisi ini kemudian dilanjutkan dengan menambuh bedug dan kentongan di pusat Kota Kudus dan menghasilkan suara dhang-dhang.

Padusan

Kabupaten Sukoharjo dan Klaten memiliki ritual yang sedikit berbeda dengan yang lainnya dalam menyambut datangnya bulan puasa. Tanggal 19 Juli 2012 nanti, mereka akan memadati kolam pemandian seperti Batu Seribu dan Cokro Tulung untuk mandi.

Kenduri Rakyat

Kota Salatiga tanggal 23 Juli 2012 akan ada Kenduri Rakyat. Acaranya berupa tirakatan pegelaran wayang kulit semalam suntuk, sehari sebelum HUT Kota salatiga, 24 Juli 2012. Wayang kulit akan diadakan di Prasasti Plumpangan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Slit akan diadakan di Prasasti Plumpangan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo. Sehari setelahnya diadakan kirab di pusat kota dan kenduri rakyat.

Pagelaran Kolosal

Kabupaten Kendal setiap tahunnya menyelenggarakan Pagelaran Kolosal setiap tanggal 28 Juli dalam rangka memperingati hari jadinya. Bertempat di alun-alun Kendal, dihadiri oleh 20 kecamatan se-Kabupaten Kendal.

Pawai dan Lomba Dayung Tradisional

Tujuh hari setelah hari raya Idul Fitri, Kabupaten Batang menyelenggarakan Lomba Dayung Tradisional untuk silaturahmi antar nelayan yang tidak pernah bertemu saat melaut. Tradisi ini juga dimanfaatkan untuk bertemu dengan Bupati Batang.

Napak Tilas Sejarah Kepahlawanan

Kabupaten Purbalingga pada bulan Agustus 2012 akan mengadakan napak tilas memperingati sejarah perjuangan pahlawan dengan mengunjungi objek wisata sejarah yang ada.

Selikuran Gunung Sumbing

Malam ke-21 bulan puasa di Kabupaten Temanggung memiliki tradisi unik dengan mendaki Gunung Sumbing. Ribuan pendaki gunung akan datang dan menuju puncak Gunung Sumbing yang memiliki bekas kawah dan terdapat makam Ki Ageng Makukuhan.

Thong Thong Lek

16 hingga 18 Agustus 2012 di Kabupaten Rembang akan dimeriahkan dengan Thong Thong Lek, sebuah tradisi membangunkan masyarakat pada saat sahur tiba. Mereka memainkan musik tradisional dan melakukan pentas keliling kota, serta pentas panggung.

Syawalan

Bertepatan dengan libur lebaran, beberapa objek wisata akan mengadakan aneka hiburan rakyat, yang diantaranya adalah: Gebyar Gajah Mungkur [Wonogiri], Syawalan Wana Wisata Goa Terawang [Blora], Gebyar Kupatan [Pantai Kartini Rembang, 5 hari setelah Idul Fitri], Megono Gunungan [Linggosari, Kab. Pekalongan 7 hari setelah Idul Fitri], Syawalan Kaliwungu [Kendal], Sedekah Laut Tayu dan Juwono [Pati], Parade Sewu Kupat [Kudus], Syawalan Morodemak [Pelelangan Ikan Kab. Demak] dan Syawalan Lopis Raksasa [Kota Pekalongan].

5457 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply