Jadwal Festival Di Jawa Tengah Juni Hingga Desember 2012 [Bag 4]

Festival Seni Budaya

Kabupaten Temanggung pada bulan November 2012 akan menggelar Festival Seni dan Budaya, untuk memeriahkan hari jadinya. Akan ada lebih dari 100 macam kesenian yang ditampilkan. Digelar juga festival jajan pasar dan pesta kuliner makanan khas Temanggung.

Labuhan Ageng

14 November 2012 di Kabupaten Wonogiri bertempat di kawasan pantai Sembukan, akan ada Labuhan Ageng. Keraton Surakarta [Solo] mengadakan ritual Larung Ageng sejak jaman Mataram dengan melabuhkan sesaji ke laut. Tujuannya supaya terjadi keselarasan hidup antar sesama makhluk.

Sedekah Bumi dan Larab Slambu Gunung Kemukus

Tanggal 15 November di Kabupaten Sragen akan ada sedekah bumi berbagai macam palawija yang akan diperebutkan oleh warga sekitar yang mengikutinya. Ritual Larab Slambu adalah mencuci kain penutup makam Pangeran Samudera di gunung Kemukus.

Tradisi 1 Suro

Di Jawa Tengah, ada banyak sekali tradisi yang dilakukan dalam rangka memperingati tanggal 1 Suro. Di berbagai daerah, diadakan kegiatan khusus yang tahun ini jatuh pada tanggal 16 November ini, seperti: Sedekah Waduk [masyarakat sekitar Waduk Malahayu Kabupaten Brebes mengadakan kirab seni budaya dan pemotongan tumpeng], Sunan Gunung Sindoro [akan ada pentas kesenian rakyat], Suran Traji [bersih desa di Desa Traji, Kabupaten Temanggung], Sedekah Laut [di Bulakamba, Brebes, Pekalongan dan Tegal], Grebeg Suran [di Baturaden Kabupaten Banyumas].

Jamasan Pusaka

Tanggal 25 November 2012 di Kabupaten Wonogiri akan dilakukan mencuci pusaka [jamasan] sebagai perwujudan menuju kebaikan dari segala kotoran.

Tradisi Nulaki

Yaitu memohon keselamatan dan mengungkapkan rasa syukur dengan menampilkan kesenian Tayub di Kabupaten Purworejo pada hari Senin atau Kamis Wage, bertepatan dengan tanggal 26 November 2012 dan 6 Desember 2012.

Pulung Langse

Ritual tahunan ini diadakan di kabupaten Sukoharjo dengan upacara mengganti kain kelambu di makam Ki Ageng Balak. Kain yang telah dilepas dicuci di Sungai ranjing, dan kain yang akan dipasang diarak terlebih dahulu keliling desa. Akan ada juga pertunjukan wayang kulit.

Tenongan Giyanti

Awalnya, warga Desa Kaliyoso Kabupaten Wonosobo pernah kesulitan air, dan untuk mencari sumber air, dilakukan dengan dipandu kebo bule hewan peliharaan Kyai Jurang. Perayaan Tenongan Giyanti diadakan untuk memperingatinya, di tanggal 7 Desember 2012.

5641 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply