Jalan Jalan Aman Saat Hamil

Jalan Jalan Saat Hamil

Saat hamil, sebagian orang sangat berhati-hati demi kesehatan janinnya, sehingga terkadang menunda dan melewatkan kesempatan jalan-jalan yang biasa dilakukannya. Padahal, kalau tahu caranya, jalan-jalan atau rekreasi bisa tetap dilakukan dengan aman selama kehamilan. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, saat hamil muda saya malah sempat mendaki menuju Curug Sawer di Situ Gunung, menaiki kereta api selama 15 jam non stop dari Jakarta menuju Malang, bahkan terbang dengan pesawat dan jalan-jalan di Medan, Sumatera Utara. Alhamdulillah, si jabang bayi dalam perut sehat-sehat saja ketika saya periksakan ke dokter.

Kita mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita sendiri. Itu yang paling utama. Jangan memaksakan diri jika memang merasa tidak mampu, tetapi sebaliknya, jika kesehatan mendukung, ya tidak ada salahnya tetap melakukan aktifitas mengunjungi berbagai objek wisata alias jalan-jalan seperti biasanya. Periksakan kesehatan secara rutin di dokter kandungan untuk memantau kondisi janin.

Faktor lain yang sangat penting adalah istirahat yang cukup dan asupan gizi yang seimbang. Jalan-jalan di tempat yang masih asing dengan kita, terkadang membuat jadwal makan terlambat dan tidak teratur, juga istirahat yang kurang karena terlalu bersemangat. Saat hamil, kita harus tertib mengatur jadwal, makan dan istirahat pada waktunya. Minum banyak air putih dan multivitamin jika diperlukan.

Masalah yang sering dihadapi saat jalan-jalan di waktu hamil adalah mual-mual. Saya sendiri selalu siap sedia permen dan minyak gosok. Baju untuk jalan-jalan, tentu saja harus disiapkan senyaman mungkin. Untuk jaga-jaga, sebelum bepergian siapkanlah daftar alamat dan nomer telpon rumah sakit atau dokter di tempat tujuan, jika terjadi hal-hal yang darurat.

Dan terakhir, menurut saya, rileks saja. Nggak perlu ada banyak hal yang dikhawatirkan. Terlalu banyak membaca tips-tips jalan-jalan saat hamil malah membuat perasaan ragu dan was-was semakin besar. Ayo, nikmati jalan-jalanmu!

5950 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply