Jalan Jalan Hemat Ke Mana Saja

Emangnya bisa jalan jalan hemat ke mana saja? Bisa dong, asalkan tau caranya. Selama budget jalan jalan yang kita miliki memang mencukupi untuk travelling secara “manusiawi”, sebenarnya nggak ada masalah dengan menghabiskan dana yang agak lebih besar dan nyaman selama perjalanan. Tetapi jika kita memang harus sedikit berhemat, ada kok beberapa cara supaya anggaran kita jatuhnya lebih murah. Jalan jalan murah dan hemat bisa dilakukan dengan mengurangi kenyamanan yang kita dapatkan jika kita membayar lebih mahal.

Apa saja yang bisa kita hemat saat jalan jalan?

1. Pilihlah Hostel Atau Homestay Daripada Hotel

Menghemat biaya penginapan bisa dilakukan dengan mencari hostel, atau bahkan tinggal di rumah-rumah penduduk untuk tempat wisata yang belum memiliki hotel di daerah tersebut. Pengeluaran untuk penginapan akan jauh lebih hemat jika kita memilih hostel, apalagi jika kita jalan jalan bersama dengan teman, sehingga biaya menginap di tempat yang murah tersebut masih bisa dibagi lagi dengan teman perjalanan.

Sebagai contoh ketika hendak ke Pulau Komodo, di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur-pun masih bisa dijumpai hostel atau penginapan dengan budget Rp. 100.000,- per malam per kamar yang bisa digunakan untuk dua orang, termasuk sarapan. Murah, bukan? Dengan seorang teman, kita bisa berbagi biaya penginapan sehingga menjadi cukup membayar Rp. 50.000,- per hari, sudah mendapatkan sarapan pagi.

Homestay lebih hemat lagi. Jika kita mencoba jalan jalan ke Kepulauan Seribu, di mana di sana belum ada hotel berdiri, maka satu-satunya pilihan adalah menginap di rumah penduduk yang banyak disulap menjadi homestay. Biaya menginap untuk satu malam berkisar Rp. 300.000,- dan dapat di-share dengan 10 orang kawan. Hanya saja, fasilitasnya tidak mendapatkan sarapan pagi, tetapi homestay cukup nyaman dengan AC dan televisi. Mantap kan? Jalan jalan hemat ke mana saja bisa kita lakukan jika kita mau mencari tahu tempat-tempat menginap yang berharga murah di sekitar objek wisata yang akan kita tuju.

2. Cari Penyewaan Motor

Apa moda transportasi yang biasa teman-teman gunakan saat jalan jalan? Jika kita berwisata di Indonesia, agak sulit menemukan transportasi yang murah, cepat tapi kondisinya bagus dan nyaman digunakan. Paling banter kita bisa gonta-ganti naik turun angkot yang suka ngetem dan panasnya bikin badan keringetan dan jatuh-jatuhnya jadi capek sendiri di jalanan sebelum sampai di tempat yang akan kita tuju.

Jika anggaran jalan-jalan sedikit lebih, ada baiknya sih memang menyewa kendaraan roda empat alias mobil. Ini juga sama saja bisa hemat, dengan catatan jalan jalannya berombongan. Rp. 500.000,- biaya sewa mobil per hari (sudah termasuk sopir dan bensin) akan lebih masuk akal jika bisa dibagi dengan 10 orang karena per orang hanya akan kena Rp. 50.000,- saja per hari. Namun, jika kita jalan-jalan hanya sendirian atau berdua, maka menyewa sepeda motor akan jauh lebih hemat dan nyaman.

Sepeda motor memiliki satu kelebihan tersendiri dibanding alat transportasi lainnya karena dia lebih gesit dan bebas macet. Iya, kalau cuaca panas emang bisa bikin item karena kulit kebakar, sih.. Tapi kan masih bisa kita gunakan jaket selama perjalanan. Harga sewa sebuah motor biasanya tidak akan lebih dari Rp. 50.000,- per hari. Hanya saja, belum semua daerah tempat wisata di Indonesia ini memiliki penyewaan motor yang mudah ditemukan seperti di Kuta, Bali. Jadi, pinter-pinter kita saja cari berbagai informasi, baik melalui internet, atau bertanya langsung pada kawan atau penduduk setempat, di mana kita bisa menemukan tempat penyewaan sepeda motor, biar bisa jalan jalan hemat.

3. Perbanyak Tempat Wisata Alam daripada Wisata Hiburan


Percaya nggak kalau dengan memperbanyak kunjungan ke tempat wisata alam kita akan menghemat jauh lebih banyak uang ketika jalan jalan? Yap! Karena pada umumnya tempat wisata alam tiket masuknya murah! 😆

Untuk memasuki sebuah taman hiburan seperti Trans Studio, kita butuh anggaran minimal Rp. 100.000,- Dengan uang sebanyak itu, mungkin kita bisa membayar tiket masuk ke lebih dari 10 pantai yang ada di Sulawesi Selatan! Bener, nggak?

Belum lagi, ada banyak objek wisata alam di berbagai daerah yang indah tetapi belum dikelola secara profesional sehingga tidak ada pembayaran tiket masuk alias gratis! Museum dan tempat-tempat wisata bersejarah juga masuk ke dalam kategori tempat wisata dengan tiket masuk murah. Susun saja itinenary perjalanan dengan memasukkan banyak objek wisata alam, sehingga jalan jalan murah ke mana saja ini bisa terlaksana. 😀

4. Coba Kuliner Khas Daerah Di Warung Atau Kaki Lima

Memang, restoran selalu menarik siapa saja untuk makan makanan khas daerah tertentu, tetapi masakan warung makan yang lebih kecil dan kaki lima bukan berarti tidak seenak restoran, lhoo.. Anggaran makan selama jalan jalan bisa jauh lebih hemat jika kita memilih makan di warung atau kaki lima. Namanya juga jalan jalan hemat, harus bisa sedikit menelan ludah dong ya.. Jangan mudah ngiler dengan menu-menu restoran yang mahal.

Memang, semua pasti inginnya merasakan makanan khas daerah yang baru kita kunjungi. Mumpung ke tempat itu, nyesel aja rasanya kalau nggak sempat nyobain makanan khasnya. Usahakan sudah mengetahui sebelumnya, di mana saja kita nanti akan makan selama di lokasi jalan jalan. Cari referensi tempat makan murah meriah tapi enak. Jalan-jalan hemat-pun masih bisa tetap menyenangkan, karena urusan perut terpenuhi!

5. Coret Oleh-Oleh dari Daftar!

Saya mau tanya, berapa banyak jumlah keluarga, teman dan rekan sekerja yang ditinggalkan selama jalan-jalan? Banyak kan? Apakah mereka semua akan dibelikan oleh-oleh?

Waduh, bisa-bisa anggaran untuk membeli oleh-oleh ini jauh lebih besar daripada anggaran untuk jalan jalan hemat itu sendiri. Wah, wah.

Lagipula, bukan apa-apa, toh nggak semua barang yang kita kasih juga bakalan dipakai sama si penerima.

Kalau saya, lebih baik membeli oleh-oleh secukupnya saja. Biasanya hanya makanan khas, atau barang yang harganya tak terlalu mahal, tetapi fungsinya jelas. Kaos bertuliskan tempat wisata dan gantungan kunci sudah lama tidak pernah saya beli lagi, karena kebanyakan kualitasnya tidak terlalu bagus, sehingga kalaupun dikasih ke orang ya ujung-ujungnya nggak dipakai. Sayang, kan, buang-buang duit.

Jalan jalan hemat ke mana saja bisa kita lakukan kalau kita “berani” mencoret banyak orang di dalam daftar penerima oleh-oleh dari kita.

Mau mencoba?

5091 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply