Jalan-jalan ke Benteng Intramuros di Manila

Manila terkenal dengan masyarakatnya yang ramah dan wisata sejarahnya yang menawan. Makati menjadi salah satu sudut Kota Manila yang begitu glamour dan menawarkan kenikmatan bagi siapapun yang datang ke Kota Manila. Intramuros menjadi bangunan yang paling bersejarah di Kota Manila. Bangunan yang terletak di sebelah Selatan aliran Sungai Pasig itu mirip dengan benteng. Dalam bangunan Intramuros terdapat sejumlah situs dan catatan sejarah Philipina.

Sejarah negara Philipina sejak dari zaman Kerajaan Islam, zaman pendudukan Spanyol, Amerika Serikat, sampai penjajahan Jepang terekam dalam bangunan Intramuros itu. Sebelum dijajah Spanyol, Philipina adalah negara merdeka yang kental dengan budaya Melayu. Di Philipina bagian Utara, sampai sekarang budaya Melayu masih ada meskipun sudah dipengaruhi budaya Spanyol. Budaya Melayu masih kentara karena ada beberapa kesamaan antara Bahasa Tagalog dan Bahasa Indonesia, seperti kata payung, putih, dan kumpul-kumpul.

Ketika Spanyol menjajah Philipina, Miguel Lopez de Legazpi mendirikan Kota Manila pada tahun 1571. Manila kemudian menjadi pusat kekuasaan Spanyol selama hampir tiga abad lamanya. Selama kekuasaannya itu, Spanyol menahan serangan dari bajak laut Cina, Jepang, Belanda, dan Portugis dengan Benteng Intramuros. Benteng itu dibangun dengan ketebalan satu meter dengan panjang 4,5 kilometer dan luas 64 hektar. Nama Intramuros berasal dari wilayah kota yang berada di dalam perlindungan benteng tersebut. Di dalam Benteng Intramuros, sebuah kota kecil dijadikan sebagai pusat kekuasaan Raja Spanyol Philip II.

Di dalam benteng itu juga terdapat gedung pemerintahan Spanyol yang masih berdiri tidak jauh dari Gereja Katedral. Posisi Gereja Katedral di dalam benteng menjadi cukup penting karena semua jasad Kardinal Manila dimakamkan di sana. Semua situs budaya yang terdapat dalam benteng Intramuros itu dapat dinikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 500 Peso atau sekitar Rp. 100.000,-. Di dalam benteng Intramuros, Anda dapat menaiki kereta yang akan mengantarkan Anda berkeliling benteng sekaligus menjadi pemandu jalan-jalan Anda di Benteng Intramuros.

412 Total Views 2 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Comments
  1. Mark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *