Jalan Jalan ke Waduk Sermo

Waduk Sermo berlokasi di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk ini memiliki pemandangan yang sangat indah, dan dijadikan salah satu objek wisata dengan air biru jernih dan aliran airnya yang berkelok. Di sekeliling waduk, terlihat perbukitan Menoreh mengelilinginya.

Dari Kota Wates, lama perjalanan yang dibutuhkan aadalah sekitar 20 menit menuju Waduk Sermo yang berlokasi di Desa Hargowilis, Dusun Sermo, Kawasan Bukit Menoreh, Kulonprogo. Ada angkutan umum dari depan RSUD Wates menuju Kokap, dan anda dapat turun di depan pintu gerbang objek wisata Waduk Sermo.

Harga tiket masuk ke Waduk Sermo sangat murah, Rp. 2.000,- saja. Biaya parkir untuk motor sebesar Rp. 1.000,- dan sebuah mobil berbiaya parkir sebesar Rp. 3.000,-. Luas Waduk Sermo adalah 157 hektar.

Di Waduk Sermo, biasanya pengunjung menikmat keindahan tempat wisata ini dengan berkeliling waduk menggunakan perahu. Biayanya cukup murah, hanya Rp. 5.000,- per orang bagi dewasa, dan Rp. 3.000,- per orang untuk anak-anak. Anda akan dibawa berkeliling danau selama 20 menit, jika penumpang perahu sudah ada minimal 5 orang dan maksimal 10 orang. Jika ingin menyewanya dalam sistem borongan, anda cukup membayar Rp. 100.000,- per jamnya.

Tak ingin menaiki perahu? Ada alternatif dengan mengelilingi objek wisata Waduk Sermo Jogja berjalan kaki. Jangan khawatir dengan jalan yang akan Anda lalui, karena jalanan beraspal bagus sejauh 21 kilometer. Ketika lelah berjalan kaki, anda bisa beristirahat di gardu pandang yang disediakan di sepanjang trek yang anda lalui.

Apa lagi alternatif yang bisa anda lakukan? Ya, tentu saja memancing! Di mana ada air, di situ pasti ada ikan. Begitulah, para wisatawan di Waduk Sermo Kulon Progo ini selain berperahu, dapat juga memancing ikan ataupun bersepeda santai.

Sejarah Waduk Sermo ini dibangun selama hampir tiga tahun dari 1994 sampai dengan akhir 1996. Kali Ngrancah dibendung, sehingga terbentuk bendungan yang menampung 25 juta meter kubik air dan lebar bendungan yang ada adalah 250 meter. Sebanyak 100 kepala keluarga ditransmigrasikan ke Bengkulu untuk membangun bendungan Sermo ini.

Tujuan dibangunnya waduk sermo ini adalah untuk mengairi sawah yang ada di Kulon Progo. Terbatasnya air di Kali Progo saat musim kemarau menjadikan Waduk Sermo memegang peranan penting dalam menampung air di wilayah Kulon Progo.

Selain sebagai tempat penampungan air yang berfungsi untuk irigasi, banyaknya air di waduk sermo ini dimanfaatkan oleh penduduk desa sebagai tempat memelihara ikan dengan sistem keramba apung. Penduduk membentuk sebuah Koperasi dan mengelola keramba apung sebanyak 100 buah. Dalam empat bulan, ikan sudah bisa dipanen, dan dalam satu keramba bisa menghasilkan ikan sampai dua setengah ton banyaknya.

Manfaat waduk sermo tentu saja tidak hanya dinikmati oleh petani pengguna air irigasi dan penggunaan waduk sebagai tempat memelihara ikan saja. Dalam suatu objek wisata, sudah barang tentu banyaknya wisatawan yang berkunjung adalah sebuah peluang tersendiri untuk warga sekitar membuka warung makan, berjualan souvenir, dan jasa lainnya seperti penginapan dan warung kelontong.

Jadi, kapan Anda akan jalan-jalan ke Waduk Sermo?

2801 Total Views 31 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. tiket pesawat October 17, 2011

Leave a Reply