Jalan Jalan Seru Mengelilingi Dunia

Jalan-jalan adalah waktunya untuk bersantai. Namun tak jarang pelancong justru terjebak jadwal ketat selama liburan. Untuk menghindari waktu dan jadwal liburan yang padat, buku Lonely Planet BLUELIST 2007 memilihkan beberapa liburan yang cocok bagi para pelancong yang ingin santai.

1. Menyusuri Milford Track New Zealand

Jalur Milford sepanjang 53,5 kilometer yang melintasi daerah pegunungan south Island di New Zealand dianggap sebagai salah satu jalur terbaik bagi pelancong yang gemar berjalan. Petualangan empat hari dari Danau Te Anau ke Mackinnon Pass untuk menembus hutan. Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri sungai berarus deras ke arah utara sampai di ujung ‘fjord’, sebuah teluk sempit di antara tebing tinggi yang dikenal dengan Milford Sound. Jika tertarik, Anda harus reservasi tempat dulu karena dari Oktober sampai April jumlah pejalan kaki di Land of the Rings ini dibatasi.

2. Naik Unta Menembus Sahara, Maroko

Para penunggang unta bergegas menuju Desa Merzouga di Maroko mencari kesempatan menunggangi salah satu binatang bertemperamen buruk ini. Tawarannya adalah menunggangi unta menembus sebagian Gurun Sahara yang berada di wilayah Algeria. Perjalanan ini melewati jalan setapak melalui jalur Erg Chebbi, ‘erg” dalam Bahasa Arab berarti lautan pasir luas yang banyak terdapat di Sahara. Perjalanan naik unta biasanya dilakukan saat fajar atau matahari terbenam yang memungkinkan Anda menikmati perubahan warna yang terjadi di gurun. Bila itu belum cukup, disediakan jalur yang lebih panjang, yang memungkinkan Anda berkemah.

3. Kereta Luncur Anjing di British Columbia, Kanada

Adakah yang lebih menyenangkan dibandingkan enam ekor anjing Siberian Huskies menarik Anda dengan kereta luncur sepanjang jalur bersalju? Tidak ada, begitu ungkap beberapa  pengusaha kereta luncur di wilayah British Columbia. Jawaban ini mungkin tidak diamini anjing-anjing Huskies yang menjadi menjadi penarik kereta luncurnya. Tapi memang, meluncur dengan kereta ditarik dengan anjing Huskies ini nyaman sekali. Anda tidak perlu mendengar deru snowmobile atau berurusan dengan papan peluncur yang entah mau meluncur ke arah mana. Di atas kereta luncur, Anda bisa menikmati ketenangan dan menghargai usaha keras tim anjing yang sedang giat menarik kereta Anda.

4. Berskuter Sepanjang Riviera, Perancis

Riviera adalah wilayah yang indah sepanjang garis pantai Cote d’Azur, yang terbentang dari Toulon di selatan Perancis sampai batas wilayah Italia. Perjalanan santai Anda dimulai dari wilayah Kerajaan Monaco dengan menyewa moped atau skuter kecil bermesin 50 cc. Anda akan menelusuri jalan berliku di pesisir pantai menuju wilayah glamor Nice dan Cannes. Sambil berskuter ria Anda bisa menghitung jumlah paras cantik dan ganteng yang berpapasan sepanjang jalan. Lalu arahkan ke arah barat Riviera menuju pesona kegagahan Marseilles dan amphiteatherRomawi di Nimes.

5. Berperahu di Mekong, Laos

Aliran Sungai Mekong membelah Laos dan terus ke Selatan hingga Kamboja dan Vietnam. Anda bisa naik kapan feri di beberapa tempat di sepanjang sungai yang berliku dan berarus tenang ini. Tempat yang menjadi incaran para pelancong adalah wilayah antara kota perdagangan Huay Xai dan Luang Prabang, bekas kota jajahan Perancis yang megah. Waktu yang bisa dihabiskan di sungai ini beragam, ada perjalanan dua hari.

6. Naik Bis Sepanjang Karakoram Highway, Dari Cina ke Pakistan

Jalan sepanjang 1.300 kilometer yang membentang dari Kashgar, Cina, sampai ke Rawalpindi, Pakistan, ini dikenal dengan nama Karakoram Highway. Karakoran Highway mengharuskan kita mengurangi kecepatan sampai nyaris berhenti. Salah satu alasannya adalah jalan ini merupakan jalur jalan tertinggi di dunia karena menembus pegunungan Himalaya. Bis lokal pun harus mengurangi kecepatan sampai seperti merangkak di tiap belokannya. Alasan lain adalah reruntuhan batu dan kemungkinan kerusakan mesin yang sering terjadi. Bila Anda mencoba meniti jalan yang merupakan bagian dari Jalur Sutra ini, Anda akan disuguhi pemandangan indah dari dataran yang sangat tinggi. Selain itu, keanekaragaman budaya yang terlihat sepanjang jalan juga akan membuat Anda terkagum-kagum.

7. Bersepeda Keliling Amsterdam, Belanda

Jalan kecil di sisi kanal-kanal Amsterdam biasanya dipenuhi Amsterdammers yang giat mengayuh sepeda sambil menghirup udara segar. Jelajahi kota ini  bersama mereka dengan bersepeda dari Vondelpark melewati semua museum dari kafe favorit Anda.

8. Bermobil Karavan Menjelajahi Australia

Naiklah mobil karavan, dan bersiullah sambil menjelajahi Australia. Bila Anda terus mengikuti garis pantai dan menyusuri daratan, Anda akan menempuh 14.000 kilometer melewati pantai-pantai indah, hutan hujan yang terpencil, dan kota-kota besar yang ada di benua itu.

9. Wisata Anggur di Canal De Bourgogne, Perancis

Wilayah utama penghasil anggur di Perancis bernama Burgundy, dibelah Canal de Bourgogne sepanjang 242 kilometer dengan sejumlah pintu air yang bisa dinaikkan dan diturunkan. Kanal cantik dengan aliran air yang tenang adalah jalur kapal-kapal tongkang bermuatan penuh yang membolehkan And naik dan mencicipi anggur terbaik hasil wilayah ini. Wisata ini beragam jenisnya, dari wisata singkat yang menyajikan keju dan anggur untuk dicicipi, sampai wisata tujuh hari penuh dengan awak kapal lengkap yang mengantar Anda ke tempat-tempat pembuatan anggur yang legendaris.

10. Berpesiar Melewati Fjord di Chili

Di pesisir pantai selatan Chili banyak terdapat fjord yang megah. Pemandangan fjord ini membuat waktu seakan membeku. Dengan kapal pesiar, para pelancong dapat menelusuri Patagonia dan Tierra del Fuego, melalui lorong  panjang teluk yang sempit. Mereka akan disajikan pemadangan indah yang tak mudah terlupakan berupa dinding tebing curam, serta gletser dan aliran sungai yang masih murni. (Reader’s Digest, Gambar: Leonard Dixon, Picasa)

5037 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. daengrompa March 29, 2011

Leave a Reply