Kampung Seni dan Wisata Manglayang

Libur di akhir pekan kadang terbuang percuma begitu saja dengan kita lewatkan ndin rumah. Padahal, sebenarnya ada banyak alternatif jalan jalan murah yang bisa kita lakukan di hari Sabtu dan Minggu dengan pergi ke luar kota yang jaraknya tidak begitu jauh dari tempat tinggal kita.

Bagi anda yang tinggal di Bandung, atau mungkin di Jakarta, Bogor dan sekitarnya, bisa jalan-jalan murah ke Kampung Seni dan Wisata Manglayang. Kenapa jalan-jalan murah? Selain tiket masuk ke dalam objek wisata, praktis anda tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk menikmati liburan. Kecuali jika anda perlu membeli cinderamata, tentu saja.

Kampung Seni dan Wisata Manglayang dapat kita kunjungi sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan pengetahuan kita dalam bidang seni dan budaya Manglayang. Posisinya di Jalan Cijambe, Cileunyi, Bandung. Dari arah Jakarta, anda tinggal masuk ke dalam tol, ambil arah Bandung, dan keluar di tol Cileunyi.

Kampung Seni dan Wisata Manglayang Bandung

Kampung Seni dan Wisata Manglayang dirintis oleh Kawi dan istrinya dari tahun 2005. Dan secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat telah ditetapkan menjadi objek wisata budaya yang ada di Bandung pada tahun 2007. Berdiri di atas lahan dengan luas 1,8 hektar milik Kawi dan keluarga, Kampung Seni dan Wisata Manglayang menampilkan kesenian dan budaya agar dapat dinikmati oleh umum. Gempuran budaya baratlah yang mengilhaminya untuk membangun Kampung Seni dan Wisata Manglayang. Harus ada seseorang yang bisa menyelamatkan budaya lokal agar tidak punah dan masih dapat dipelajari oleh generasi selanjutnya, begitu kira-kira pemikiran dari Kawi.

Ada berbagai macam budaya yang ditampilkan, salah satu diantaranya adalah tempat pertunjukan tari yang disebut dengan Pakalang Umbul. Ada juga tempat untuk bermain anak-anak. Masih ingat denga congklak? Permainan dengan biji-biji yang dimasukkan satu per satu ke dalam kotak kayu yang memiliki lubang cekungan itu? Bisa pula bermain gasing dan bebetengan di arena bermain anak Kampung Seni dan Wisata Manglayang.

Selain arena bermain, Kampung Seni dan Wisata Manglayang juga menyediakan beberapa saung yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Anda bisa ngobrol dan berkumpul dengan sesama pengunjung di Saung Ruing. Melihat pertunjukan di Saung Pintunan. Dan melihat berbagai kerajinan di Saung Kerajinan.

Konsep yang diterapkan dalam pembangunan Kampung Seni dan Wisata Manglayang sebenarnya adalah desa wisata. Ada empat bagian yang membagi Kampung Seni dan Wisata Manglayang, yaitu seni religi dan agraris pada bagian atas, di tengah ada tempat berlatih dan kesenian, di bagian samping menunjukkan kesenian alam, dan di sisi depan bawah adalah seni anak-anak. Pada bagian seni alam, telah tersedia sawah, yang suatu saat akan digunakan untuk menunjukkan cara menanam padi dan sekaligus membajak sawah.

3630 Total Views 2 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. Kampung Seni Yudha Asri April 15, 2011

Leave a Reply