Kawah Putih Ciwidey di Gunung Patuha

Kawah Putih Ciwidey terletak di sekitar 46 km selatan kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Jika Anda berkendara dari Jakarta, melalui tol Cipularang dan keluar di Kopo – Soreang. Kawah Putih Ciwidey ini dibentuk oleh gunung berapi aktif Gunung Patuha, terletak 2.343 meter di atas permukaan laut. Kawah ini terbentuk antara 10 sampai abad 12 oleh letusan Gunung Patuha.

kawah putih

Udara di sekitar kawah ini dingin sekali. Jika Anda ke Kawah Putih Ciwidey ini, jangan sampai kostum ya. Dulu, justru orang Belanda lah yang pertama kali menemukan dan memanfaatkan kawah ini sebagai tambang belerang.

Kawah Putih Ciwidey tampak terlihat seperti sebuah danau yang dikelilingi oleh pegunungan. Air hangat dan memiliki kandungan sulfur tinggi, dan sinar matahari sering mengubah warna air dari putih susu menjadi hijau kebiruan. Namun pada umumnya air berwarna putih dengan kabut volume tinggi di atas permukaan tanah. Selain pasir, kawah dan batu sekitarnya juga didominasi putih, itu sebabnya ia dinamakan dengan Kawah Putih. Ini merupakan atraksi alam yang menakjubkan.

Di Kawah Putih, Anda juga dapat menemukan sejumlah kios yang menjual bandrek, minuman tradisional Sunda yang terbuat dari jahe dan kelapa gula merah. Minuman ini sangat cocok untuk cuaca dingin, karena minum bandrek akan menghangatkan tubuh Anda. Untuk mobil (kendaraan pribadi) dikenakan tarif Rp. 150.000,- per mobil, ditambah dengan tiket per orangnya Rp. 16.000,- Tinggal mengalikan saja, berapa orang dalam rombongan Anda. Untuk mendaki sampai ke danau kawah tersebut disediakan transportasi umum dengan tarif Rp. 25.000,-/orang, jadi untuk Anda yang tidak ingin bayar mahal dengan membawa mobil pribadi, dapat memilih fasilitas ini.

6846 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. aRuL June 19, 2011

Leave a Reply