Kawah Tekurep Yang Bukan Kawah Di Palembang

Jangan berpikir kawah ini bermakna sebenarnya dari sebuah kawah. Bukan, tentu bukan. Kawah Tekurep ini adalah sebuah kompleks pemakaman di daerah Sumatera Selatan. Tepatnya di Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang. Dari sungai Musi berjarak sekitar 100 meteran. Ini salah satu bukti sejarah pernah adanya kesultanan Mahmud Baddaruddin pertama selain adanya benteng Kuto Besak yang pernah dibangun. Di kompleks makam ini terdapat makam keluarga sultan yang pernah berada di pemerintahan pada zamannya dulu. Kawah karena kubah yang tekurap. Tidak ada penjelasan lain sebenarnya tentang mengapa dinamai kubah tersebut.

Ada dua bangunan yang membedakan makam satu dengan yang lain di sini. Karena ada 4 cungkup. 3 cangkup untuk makam sultan sedangkan 1 cangkup untuk makam keluarga. Jika anda mengunjungi tempat ini sebagai sarana ziarah dan mengenal kebudayaan Palembang, sangat cocok sebagai media pengetahuan. Lokasi makam ini sebenarnya tidak terlihat secara langsung. Hanya saja kompleks ini ditutupi oleh kompleks peti kemas pelabuhan setempat.

Sehingga anda harus memutar sekitar 200 – 300 meter. Kompleks pemakaman ini begitu asri karena dijaga kebersihannya. Tidak banyak informasi tentang berapa tiket masuk bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi pemakaman ini. Namun tentu anda perlu membawa uang untuk berjaga-jaga jika anda dimintai tiket masuk.

Makam ini terletak cukup jauh dari jantung kota Palembang. Karena terletak di pinggir laut dekat dengan kompleks pelabuhan. Anda setidaknya dari jantung kota Palembang, harus menuju ke kompleks TNI. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkot yang ada di sana.

Palembang cukup besar setidaknya anda bisa menyewa hotel terlebih dahulu saat anda telah sampai ke Palembang melalui bandara. Karena sampai ke pusat kota dengan mobil dari bandara menempuh jarak yang cukup lama karena jauh. Sekitar 30 sampai 50 menit. Setidaknya selambat- lambatnya bisa satu jam anda berada di jalan untuk mencapai pusat kota jika mengalami kendala di jalan. Dari pusat kota inilah menempuh jarak lagi sekitar 10 menit untuk bisa mencapai lokasi makam Kawah Tekurep.

Untuk lokasi penginapan, sebaiknya Anda mencari yang dekat dengan pusat kota. Berikut hotel yang bisa anda jadikan tempat menginap bagi anda yang ingin mengunjungi banyak tempat wisata di Palembang terutama Makam Kawah Tekurep.

• Novotel Palembang Hotel & Residence, Jalan R Sukamto No 8A Sumatera Selatan, 30127 Palembang.

• The Aryaduta Hotel & Convention Center Palembang, Jl. POM IX, Palembang Square, Palembang 30137.

• Sandjaya, Jalan Kapten A. Rivai No: 6193 Palembang 30129.

• Hotel Horison Palembang.

• Aston Palembang Hotel and Conference Center, Jl. Basuki Rachmat No.189, 30126 Palembang.

Di atas adalah hotel bintang kelas terbaik yang ada di Kota Palembang. Jika itu menurut anda terlalu mahal, berikut hotel berbintang yang standarnya di bawah hotel di atas, namun tetap bisa menjadi pilihan anda dalam menginap di Palembang dan mengunjungi Makam Kawah Tekurep. Hotel di bawah ini adalah daftar hotel bintang tiga.

• Hotel Sahid Imara Palembang, Jl. Jend. Sudirman No. 1111 A Palembang, Indonesia.

• Hotel Lembang, Jl. Kolonel Atmo No. 16 Palembang, Indonesia.

• Swarna Dwipa, Jl. Tasik No. 2 Palembang.

• Grand Zuri Palembang, Jl Rajawali no.8,Palembang 30113.

• Royal Asia Hotel Palembang, Jl. Veteran No.521, Palembang, Indonesia.

Selain itu anda bisa menikmati makanan khas Palembang seperti Celimpungan, Pempek Lenggang, Putu Ayu dan masih banyak lagi jajanan khas daerah Palembang untuk bisa melengkapi liburan anda mengenal sejarah di kota Palembang. Selamat menikmati liburan. (him, Gambar: Web Tourism SumSel)

5703 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply