Kuliner Gondangdia yang Mengundang Nostalgia

Kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, masih menyimpan surga kuliner bagi mereka yang merindukan masakan-masakan jadul. Di Gondangdia sampai saat ini masih banyak restoran “tua” yang masih bertahan meskipun restoran-restoran modern berdatangan. Salah satunya adalah Restoran Trio yang menempati sebuah bangunan lama seluas 60 meter persegi. Di restoran yang beralamat di Jl RP Soeroso No. 49 A ini, waktu terasa berjalan lambat karena alunan musik keroncong dari sebuah radio lawas lengkap dengan pengeras suara tuanya. Di restoran tak berpendingin ruangan itu, orang-orang membeli nostalgia.

Restoran Trio Gondangdia

Sumber gambar dari sini.

Dengan berdinding luar bercat hijau, Restoran Trio bisa dengan mudah dikenali orang yang lalu lalang. Semua perabotan masak, kursi, dan meja semua masih yang lama. Kebanyakan pengunjung yang datang ke Restoran Trio ini sudah oma-opa, namun tak jarang juga anak muda yang datang. Restoran Trio didirikan sejak tahun 1947 oleh Lam Khai Tjioe, seorang Tionghoa yang datang ke Batavia pada tahun 1930. Lam Khai Tjioe diajak membuka restoran oleh temannya, Tan Kim Po, yang seorang bos becak dan mesin jahit. Dulunya lokasi restoran ini adalah sebuah bengkel becak milik Tan Kim Po.

Lam Khai Tjioe yang sebelumnya bekerja di sebuah restoran Tionghoa di Daerah Kota tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Ketika baru dibuka, Restoran Trio langsung ramai didatangi orang Belanda karena di daerah Gondangdia memang daerahnya orang Belanda. Bahkan ketika itu, Restoran Trio baru tutup pukul dua pagi. Dulu Gubernur Ali Sadikin gemar makan di Restoran Trio. Di restoran penuh nostalgia ini, ada banyak sekali menu yang bisa dipesan, bisa mencapai 200 menu! Ada yang berbahasa Indonesia dan ada juga yang berbahasa Mandarin.

Jika bingung memilih menu, kamu bisa membaca daftar menu yang dipajang di sebuah papan besar. Menurut Lam Hong Kie alias Effendy Sumartono, pemilik restoran saat ini, menu-menu favorit di Restoran Trio antara lain sup asparagus dengan telur kepiting, sapi cah kailan, sirip hiu, ayam nan king, dan gurami angsiu dengan saus asin. Menurut Lam Hong Kie, Restoran Trio tidak bisa lepas dari masakan Canton yang identik dengan saus tiram, minyak wijen, kacang kedelai hitam, bawang dan tauco. Mari bernostalgia di Restoran Trio.

7668 Total Views 212 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply