Legenda Situ Patenggang Yang Tak Pernah Punah

Jalan-jalan tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata. Apalagi jika anda mengunjungi Kota Bandung dimana hawa sejuk masih menyelimuti kota ini. Udara sejuk inilah yang menjadikan Kota Bandung sebagai tujuan wisata alam yang menyenangkan. Banyak wisata alam yang ditawarkan, salah satunya Situ Patenggang Bandung. Tepatnya berjarak 47 kilometer dari pusat Kota Bandung. Lokasi wisata Situ Patenggang sangat dekat dengan kawah putih. Sekitar 5 kilometer setelah melewati kawah putih. Sehingga anda bisa menikmati dua keindahaan alam sekaligus dalam satu perjalanan.

Situ Patenggang merupakan sebuah danau alam pada umumnya. Ya, pada umumnya wisata alam di Indonesia berisi cerita mitos yang melegenda. Legenda bahwa adanya batu cinta, yaitu batu yang terletak di tengah Danau Situ Patenggang. Batu itu diberi nama batu cinta karena legenda masyarakat yang menceritakan bahwa adanya sepasang kekasih yang sudah sekian lama saling mencari, dan bertemu di batu tersebut untuk kembali marajut kasih. Seperti yang kita tahu, banyaknya cerita rakyat adalah bumbu popularitas tempat wisata. Tidak mengurangi keindahan danau alam ini.

Fasilitas hiburan di danau Situ Patenggang ini cukup lengkap. Anda cukup mengakses ke Kota Bandung dengan kereta api, kendaraan pribadi, bahkan pesawat terbang. Kemudian dari Kota Bandung anda bisa naik angkutan umum dengan harga murah sampai tujuan di bawah Rp 10.000 dari terminal Ciwidey . Anda juga bisa menyewa taksi dengan harga yang lebih mahal karena masih banyak taksi yang tidak menggunakan sistem bayar argo tapi paketan. Setelah sampai di danau alam Situ Patenggang, anda bisa berkeliling danau, atau bermain dengan perahu ke batu cinta. Sebelumnya, tiket masuk untuk danau ini dihargai Rp 1.000,- dan untuk menyewa perahu bisa dihargai Rp 15.000,- Tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu, setidaknya siapkan dana lebih agar anda tidak kecewa karena ada fasilitas yang tidak bisa dinikmati karena kurangnya dana yang anda bawa.

Selain di danau Situ Patunggang, anda bisa berkunjung sebelumnya pada kebun teh dan kebun strawberry. Biasanya di kebun strawberry ada tempat khusus bagi anda untuk memetik buahnya. Jangan lupa mengabadikan momen liburan anda ya dengan kamera yang anda bawa. Bagitu juga di danau. Jangan lewatkan kesempatan anda untuk dapat mengabadikan momen terindah di danau. Bagaimana dengan penginapan? Karena tak jauh dari pusat kota, maka pastilah banyak penginapan dengan beragam jenis yang bisa menjadi referensi anda. Akan dijabarkan beberapa hotel terdekat yang bisa anda jadikan tempat singgah.

1. Grand Pasundan Convention Hotel. Terletak di Jl. Peta No 147-149 (Lingkar Selatan), Kota Bandung, Bandung, Indonesia berjarak 19,75 kilometer dari danau situ Patenggang.

2. Harris Hotel & Conventions Festival CTLink. Terletak di Jl. Peta 241 Kopo, Kota Bandung, Bandung, Indonesia berjarak 19,76 kilometer dari danau situ Patenggang.

3. Mason Pine Hotel. Terletak Jl. Raya Parahyangan Km. 1,8 Kota Baru Parahyangan, Bandung, Indonesia berjarak 20,1 kilometer dari danau situ Patenggang.

Beberapa hotel yang telah disebutkan adalah hotel dengan jarak terdekat yang tentu berkualitas sangat baik. Namun, anda tentu juga dapat mencari informasi di masyarakat atau dinas setempat soal penginapan yang murah untuk tempat beristirahat anda. Informasi singkat yang bisa diberikan akan membantu anda lebih menikmati liburan anda di Kota Bandung. Nah, Selamat menikmati liburan di Situ Patenggang Bandung. (him, Gambar: Chiba1987)

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *