Londa, Makam di Dinding Batu

Londa adalah salah satu pemakaman unik di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Lokasinya terletak antara kota Makale dan Rantepao, di Tadongkon. Tempat ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum dari Makale. Londa dulunya adalah makam keluarga yang kemudian dibuka untuk umum menjadi objek parawisata. Kuburan di Londa ini terbilang unik karena mayat hanya dimasukkan ke dalam peti dan diletakkan di dalam gua batu. Disana juga banyak terdapat tengkorak yang sudah berumur ratusan tahun.

Sama dengan Lemo, Londa adalah tempat pekuburan dinding berbatu dan patung-patung (tau-tau). Di dalamnya terdapat gua dengan banyak tengkorak kepala manusia. Obyek Wisata Londa yang berada di desa Sandan Uai Kecamatan Sanggalangi’ berjarak 7 km dari kota Rantepao, arah ke selatan, adalah kuburan alam purba. Gua yang tergantung itu, menyimpan misteri yakni Erong puluhan banyaknya, dan penuh berisikan tulang dan tengkorak para leluhur, tau-tau. Erong merupakan peti mati khas Toraja yang tertanam di dinding goa.Tau-tau adalah pertanda bahwa telah sekian banyak putra-putra Tana Toraja terbaik telah dimakamkan melalui upacara adat tertinggi di wilayah Tallulolo. Gua-gua alam ini penuh dengan panorama yang menakjubkan ± 1.000 m jauh kedalam, dapat dinikmati dengan petunjuk guide yang sudah terlatih dan profesional.

Kuburan alam purba ini dilengkapi dengan sebuah “Benteng Pertahanan”. Patabang Bunga yang bernama Tarangenge, yang terletak di atas punggung gua alam ini. Benteng Tarangenge ini dibangun untuk membendung serangan dari pasukan kerajaan Bone yang diboncengi VOC yang ingin menaklukkan daerah Toraja. Peperangan terus berlangsung sampai pada sekitar tahun 1670-1710 diadakan perjanjian perdamaian antara Bone dan Toraja di Duri (kabupaten Enrekang).

Obyek wisata Londa ini sangat mudah dikunjungi, oleh karena sarana dan prasarana jalannya baik. Satu hal perlu diingat bahwa seseorang yang berkunjung ke Londa, wajib memohon izin dengan membawa sirih pinang, atau kembang. Sangat tabu/pamali (dilarang keras) untuk mengambil atau memindahkan tulang, tengkorak, atau mayat yang ada dalam gua ini.

LONDA TORAJA UTARA Londa, Makam di Dinding Batu

Londa adalah pekuburan berbentuk gua yang terletak sekitar 11 km arah utara dari kota Makale ibu kota kabupaten Tana Toraja. Suasana dalam gua sangat lembab dan sedikit menyeramkan,tengkorak dan tulang belulang banyak berserakan. Orang meninggal yang di masukkan ke dalam gua dibuatkan patung ( tau-tau dalam bahasa Toraja). Patung ini akan mewakili karakter dari si orang meninggal.

Kaum bangsawan yang meninggal ditempatkan dibagian atas gua dengan bebatuan yang sangat cadas, untuk mencapainya sangat sulit dan pengunjung jarang ada yang berani untuk naik . Petinya unik dan terkesan mewah,dan masih menurut si guide didalam peti banyak barang-barang berharga yang ikut tersimpan.

40 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *