Makanan Khas Makassar: Pallubasa, Sop Konro atau Konro Bakar, dan Sop Saudara

Kota Makassar tidak hanya memiliki Coto Makassar sebagai makanan khas Kota Daeng ini. Jika Anda sudah pernah mencicipi Coto Makassar, sebaiknya Anda mencoba beberapa makanan khas Makassar lainnya. Sama seperti Coto Makassar, makanan-makanan khas kota Makassar memiliki ciri khas kuah dan campuran bumbu khusus. Anda perlu mencoba merasakan enaknya Pallubasa, Sop Konro atau Konro Bakar, dan Sop Saudara.

1. Pallubasa

Pallubasa hampir mirip dengan Coto Makassar karena penampilannya memang tak berbeda jauh. Namun jika disantap, Pallubasa mempunyai rasa yang berbeda. Pallubasa bisa lumer dengan sangrai kelapa, asam Jawa, dan rempah pekat yang menghasilkan rasa gurih pada santapan ini. Isi Pallubasa bisa disesuaikan dengan kemauan Anda, pilihannya adalah daging, jeroan, kikil, atau daging pelipis sapi. Di atas hidangan ini, Anda akan mendapatkan kuning telur ayam kampung sebagai penyempurna Pallubasa ini.

Uniknya, penamaan warung Pallubasa di kota Makassar didasarkan pada lokasi warungnya, biasanya nama jalannya. Kebetulan beberapa warung Pallubasa terkenal di kota Makassar bertempat di jalan-jalan yang menggunakan nama hewan. Warung Pallubasa, misalnya, bertempat di Jalan Serigala Makassar. Untuk satu porsi Pallubasa Serigala, Anda hanya perlu membayar Rp. 18.000,-. Ada juga Pallubasa Onta yang bertempat di Jalan Onta Lama, tepatnya di pojok Jalan Veteran Selatan. Jadi Pallubasa Serigala bukan berisi daging serigala dan Pallubasa Onta bukan berisi daging onta. icon smile Makanan Khas Makassar: Pallubasa, Sop Konro atau Konro Bakar, dan Sop Saudara

2. Sop Konro / Konro Bakar

Dulu Konro hanya menjadi santapan istimewa bagi keluarga kerajaan Makassar. Karena itu Konro memiliki ciri khas yang istimewa dibandingkan makanan-makanan berkuah lainnya di Makassar. Tidak berisi daging atau jeroan, Konro diisi dengan iga sapi yang mempunyai daging lembut. Dalam penyajiannya, konro bisa dimasak sop dan juga bisa dibakar. Konro bakar disajikan dengan bumbu kacang dan kuah yang terpisah. Anda bisa mencoba Sop Konro Karebosi yang bertempat di Jalan Gunung Lompobattang. Untuk menikmati satu porsi, Anda perlu membayar Rp. 30.000,-.

3. Sop Saudara

Sop Saudara aslinya berasal dari Kabupaten Pangkep (Pangkajene Kepulauan), Sulawesi Selatan. Awalnya resep Sop Saudara ini diciptakan oleh dua bersaudara, kemudian mereka mempatenkannya. Jadi semua penjual Sop Saudara biasanya mempunyai hubungan keluarga dengan penemunya itu. Sama seperti sop biasa yang berisi daging dan jeroan, tapi Sop Saudara ditambah dengan babat. Sop Saudara juga dicampur dengan bihun dan perkedel kentang. Bumbu Sop Saudara tidak berbeda jauh dengan bumbu Coto Makassar, namun ditambah santan dan adukan telur. Anda bisa mengunjungi Warung Pangkep Sop Saudara di Jalan Sulawesi Lorong 107 yang menawarkan harga Rp. 12.000,- untuk satu porsi Sop Saudara.

491 Total Views 10 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Comments
  1. novie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *