Malang, #Trip242 Traveling Saat Berpuasa [#LiveBlogging]

Buat saya, menjalankan ibadah puasa itu bukan penghalang kegiatan jalan-jalan. Ada pengaruhnya terhadap persiapan dan kesehatan fisik yang harus dijaga selama traveling, itu sudah pasti. Tapi semangat jalan-jalan tetep harus menyala.

Sedikit lemas karena kekurangan cairan di siang hari sih, wajar saja ya. Wong di rumah tidur-tiduran doang sambil nonton tipi, bawaannya badan juga lemes kok kalau puasa. Makanya saya memilih tetap traveling selama bulan puasa. Kali ini, saya, suami dan anak (Diana, 34 bulan) jalan-jalan ke Malang selama 3 hari 2 malam.

Saya pilih Kota Batu, Malang, karena hawanya yang sejuk, mirip dengan Puncak, Jawa Barat. Jadi masalah dehidrasi karena cuaca yang terlalu panas sehingga tubuh mengeluarkan banyak cairan melalui keringat, dapat dihindari. Amanlah.

So, berikut cerita #Trip242 keluarga saya ke Malang, Jawa Timur.

Hari pertama, Selasa 7 Juli 2015

tidur di atas kereta matarmaja

Hari ini kami Sahur di atas kereta api ekonomi Matarmaja jurusan Jakarta-Malang. Nggak ada kesulitan buat beli Aqua, lho, banyak stoknya di restorasi. Untuk makan Sahurnya, beli nasi rames dengan lauk ayam goreng. Saat Sahur, 2 gelas tentu minumnya ya. Semalam, buka puasa juga di atas kereta. Makan dan minumnya bawa dari rumah. Minum 2 gelas saat berbuka. Dan selama malam hari 4 gelas minumnya. Namanya #AQUA242, pola minum yang paling pas diterapkan saat berpuasa.

Setelah 17 jam berada di atas kereta, seharian waktu kami habiskan di Jawa Timur Park 2. Terdiri dari Batu Secret Zoo dan Musium Satwa. Diana gembira banget di sini. Emak bapaknya juga nggak merasa kehausan, karena cuaca Batu sedang adem-ademnya cenderung dingin.

Jatim Park 2

Jam 5 sore, baru kami check-in ke hotel. Asyik! Harga hotelnya sudah termasuk dengan makan malam (berbuka puasa).

makan malam di Singhasari Resort
Karena all you can eat, kami mencoba hampir semua jenis makanan. Supaya ada perbaikan gizi, kan ya? Minumnya tetep pakai pola #AQUA242.

Hari kedua, Rabu 8 Juli 2015

Di Singhasari Resort, tamu boleh memilih antara Sahur atau Sarapan. Karena Diana seringnya tidur malem dan masih susah dibangunkan saat Sahur, apalagi diajak makan, maka saya bertanya kepada pihak hotel, apakah diperbolehkan jika kami orangtuanya Sahur, dan Diana tetap bisa sarapan. Jawabannya boleh! Asyik.

#AQUA242

Inilah menu Sahur saya di Singhasari Resort. Namanya juga bintang 5 ya, sahurnya enak bangeeettt! Dan salah satu godaan yang paling berat selama puasa adalah: nggak minum kopi! Tahu sendiri dong, kandungan kafeinnya, bisa bikin efek diuretik, jadinya lebih mudah dehidrasi deh. Padahal kan selama puasa ditambah dengan jadwal traveling, hidrasi dalam tubuh harus dicukupi dan dihemat. Jadi ya tetep harus #AQUA242 dong selama #Trip242. Saat Sahur, 2 gelas ya.

Singhasari Resort

Hari kedua ini kami staycation. Cuma males-malesan aja di hotel menikmati fasilitas yang ada, seperti berenang dan jacuzzi. Batu lagi dingin banget, jadi cocok berendam air panas. Anak juga seneng banget bisa main-main di kids corner.

alun-alun Batu

Malam harinya saya mengajak anak jalan-jalan ke Alun-alun Kota Batu. Alun-alunnya keren abis, fasilitas buat main anak-anak banyak, ada lampion warna-warni, air mancur di banyak sudut, dan pusat jajanan kulinernya lengkap. Kami nyobain Ketan Legenda yang terkenal itu. Lezat! Nggak lupa dong ya, saat berbuka puasa tadi minumnya Aqua 2 gelas, dan selama malam hari hingga menjelang tidur, minum Aqua sebanyak 4 gelas.

Hari ketiga, Kamis 9 Juli 2015

Masih sama seperti hari sebelumnya, Sahur diantarkan oleh petugas hotel dan tak lupa ditemani dengan minum Aqua 2 gelas untuk menjalankan pola minum sehat #AQUA242 selama menjalankan puasa.

Kami check-out dari Singhasari Resort dan akan pulang ke Klaten. Kereta yang membawa kami dari Malang menuju Jogjakarta berhenti di stasiun Klaten. Kota kelahiran saya, yang menjadi tujuan mudik setiap hari raya Lebaran tiba. Di kota ini, sisa liburan akan kami habiskan hingga akhir bulan Juli.

Diana melambaikan tangan kepada kereta yang mulai menjauh dari pandangan. Senyumnya merekah, #Trip242 ini sangat menyenangkan. Buat saya dan suami, kami bahagia karena saat traveling puasa tetap lancar berkat #AQUA242.

One Response

  1. Liza August 10, 2015

Leave a Reply