Mall Of Dubai, Terbesar Di Dunia

Dengan antau tanpa alasan, kita bisa datang ke Mall of Dubai. Dan tetap mendapatkan kepuasan yang sama.

Shopping centre yang baru dibuka pada tanggal 4 november 2008 lalu ini langsung menjadi “new landmark” di Dubai. Dengan luas 440.000 m2, Mall Of Dubai menjadi mal terbesar di dunia, dilengkapi 1200 branded outlet terkemuka dan catwalk di fashion avanue untuk fashion show dan promosi desain terbaru dari rumah-rumah mode. Yan juga menarik dan unik, pengunjung perempuan banyak yang masih memakai abaya atau jubah hitam penutup aurat perempuan Timur Tengah namun tetap terlihat chic dengan tas dan sepatu brandednya.

Selain itu dapat ditemui area dengan desain khusus yang tidak ditemukan di mal lainnya seperti Dubai Aquarium, Underwater Zoo dan Ice Rink yang berukuran olympic, hingga kita bisa puas ber ice skating sambil menikmati hiburan big screen-nya.

Bagian depan mal ini menghadap langsung kawasan niaga kota Dubai, sedangkan di bagian belakang terdapat cafe dan restoran Burj Dubai Lake yang juga menghubungkan mal ini ke Souk Al Bahar yang merupakan pasar tradisional pusat perhiasan, contemporary art dan fashion boutiques. Kawasan pasar ini berdampingan dengan rumah penduduk yang masih terjaga keasliannya walau berada di antara bangunan-bangunan yang sangat modern. Tepat bersebelahan dengan mal, Hotel Burj Dubai yang terdiri dari 124 lantai, yang juga merupakan menara tertinggi di dunia.

Dubai Aquarium And Underwater Zoo

Dubai Aquarium And Underwater Zoo tepat berada di tengah-tengah mal. Dengan tiket masuk seharga 100 AED kita akan memasuki terowongan sepanjang 48 meter dengan ketebalan kaca 75 cm dan serasa berada di bawah kedalaman 11 meter di bawah laut. Ini merupakan salah satu  akuarium terbesar di dunia, dengan viewing panel terbesar di dunia (lebar 32,8 meter dan 8,3 meter). Berisi 10 juta air liter air yang selalu didaur ulang kebersihannya. Yang menarik dari akuarium ini adalah adanya spesies ikan pari dan ikan hiu Sand Tiger yang jumlahnya cukup banyak. Ikan hiu ini tidak pernah menyerang ikan-ikan lainnya karena secara teratur diberi makan berupa salmon dan tuna segar setiap hari di jam 4 sore, bahkan kitapun bisa melihat atraksi pemberian makanan ini dari luar akuarium. For your info, batu karang yang terdapat di dalam akuarium tersebut adalah karang tiruan yang terbuat dari fiber.

Naik ke lantai 2 adalah Undewater Zoo, di mana terdapat 33.000 binatang air seperti piranha, ubur-ubur raksasa, lele raksasa, pinguin, anjing laut dan lain sebagainya. Di sini Anda bisa mengikuti The Ocean Shcool Education Programe untuk belajar diving. Anda bisa menikmati pemandangan di dalam akuarium lewat dasar perahu yang terbuat dari kaca, ditemani tour guide yang akan bercerita tentang keistimewaan akuarium ini. Untuk masa mendatang, juga akan ada shark dives dan glass bottom rides juga. Ah, tak sabar rasanya untuk mencoba.

Untuk urusan makan Anda dapat mencoba restoran Rain-Forest Cafe yang pertama di Asia. Pemiliknya adalah Landry’s Restaurants inc Houston Texas. Restoran ini didekorasi seperti hutan hujan dengan segala tanamannya, pepohonan yang rimbun, air terjun, robot hewan yang bisa bergerak dan bersuara setiap saat. Dari salah satu sisi restoran ini Anda juga bisa menikmati view akuarium, karena memang letaknya berdampingan. So, sambil menikmati makanan, kita bisa menikmati juga pemandangan ikan yang diiringi suara-suara hewan dalam hutan. Seru kan? Oya, jangan sampai Anda kaget karena setiap 30 menit sekali Anda akan ada simulasi thunderstorm lengkap dengan kilat dan gelegar suara halilintarnya.

Jangan pula Anda  melewatkan mengunjungi air mancur menari yang berada di bagian belakang mal ini, tepatnya di Burj Dubai Lake. “The Wolrd’s most spectacular fountain” julukan yang pantas disandang oleh air mancur ini. Panjangnya 275 meter, semprotan air ke udara setinggi 150 meter setara dengan 50 bangunan bertingkat dan menyemburkan 22.000 galon air di udara.

Terdapat 5 lingkaran dengan 2 pusat busur. Didukung dengan 6.000 super light (lampu pijar air paling canggih) 25 warna proyektor sehingga menciptakan spektrum visual dengan lebih dari 1.000 gerakan air yang unik dan luar biasa yang disesuaikan dengan irama lagu. Musiknya terdiri dari musik klasik, Arab, India, dan ritme Afrika. Pertunjukan dimulai dari pukul 6 sore sampai pukul 11 malam. Setiap 20 menit sekali kita bisa melihatnya langsung dari pinggir danau atau sambil menikmati secangkir kopi hangat di cafe-cafe dan restoran yang tersebar di sekelilingnya. That’s really tremendous experience. Konon sinar cahaya dari air mancur ini dapat dilihat dari 20 mil jauhnya dan juga luar angkasa menjadikan tempat ini tempat yang paling terang di Timur Tengah.

Mall of Emirates

Salah satu Mal lainnya di Dubai yang tak kalah menarik adalah Mall of Emirates. Mulai beroperasi September 2005, dan disebut sebagai “New Dubai”. Merupakan mal terbesar ketiga di dunia dengan luas 223.000 m2 (sebelum adanya Mall Of Dubai). Hingga saat ini masih melakukan ekspansi untuk memperbesar yang akan selesai tahun 2010.

Yang menarik dari mal ini adalah Magic Planet yaitu indoor family entertaintment centre yang terbesar di Dubai. Juga ada Ductac yaitu teater dengan kapasitas 550 kursi untuk pertunjukan seni. Dilengkapi art centre, tempat latihan, art gallery, ruang kelas dan studio untuk kegiatan melukis, mematung, photography, sekolah musik, perpustakaan serta kafe. Namun yang paling menarik adalah Sky Dubai, merupakan ski resort indoor pertama di Timur Tengah.

Dengan membayar tiket masuk sebesar 150AED, mata Anda akan segera disuguhkan setting yang menakjubkan seperti di pegunungan Alpen. Kita bisa bermain ski (dikhususkan bagi yang memiliki lisensi) snowboard, tobogganing, atau sekedar bermain-main di salju. Hebat bukan, bisa bermain salju di salah satu negara di Timur Tengah?

Luas area ini 22.500 m2 atau sama dengan tiga kali luas lapangan bola, dengan ketinggian 85 m dan lebar 80 m. Panjang trek ski-nya 400m dengan kecuraman 60m. Sedangkan snow park seluar 3.000 m2 juga snowpark indoor terbesar di dunia. Untuk temperatur slalu stabil di -1 derajat sampai -2 derajat selsius karena ditopang oleh minyak sebanyak 3.500 barel per harinya untuk menggerakkan generator listrik.

Anda tidak perlu khawatir bakal kedinginan, karena tiket masuk sudah termasuk untuk peminjaman pakaian (jumpsuit) kaos kaki dan sepatu boot. Chairlifts akan membawa kita mengitari area ski sejauh 400m selama 10 menit. Bahkan kita bisa turun dahulu untuk bersantai sambil menikmati secangkir hot coklat di Avalonche cafe di tengah perjalanan. Wow… so yummy and so classy. (Sumber: Cita Cinta)

2586 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

2 Comments

  1. sofwa September 23, 2011
  2. andy.chanthingpwan July 22, 2013

Leave a Reply