Mandi di Sungai Lubuak Paraku di Kota Padang

Di beberapa kota besar, sungai mungkin tak menjadi objek menarik karena sudah kotor karena limbah polusi. Namun di Kota Padang, Anda masih bisa merasakan dinginnya air sungai yang masih asri di pinggiran Kota Padang. Kawasan wisata Sungai Lubuak Paraku terletak di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Tidak seberapa jauh dari pabrik Semen Padang yang terkenal itu. Air sungai Lubuk Paraku memang masih jernih hingga dasar sungai yang dipenuhi bebatuan kecil sangat jelas terlihat.

Untuk mencapai objek wisata sungai Lubuak Paraku ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga bisa menggunakan angkutan umum yang menuju ke Kota Solok. Iya, objek wisata sungai Lubuak Paraku ini terletak di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Solok. Di kawasan wisata ini terdapat beberapa fasilitas untuk memanjakan para pengunjung mulai dari tempat duduk berkanopi payung sampai ruang ganti baju. Untuk memasuki kawasan wisata sungai Lubuak Paraku, setiap wisatawan harus membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

Jika berkunjung ke kawasan wisata sungai Lubuak Paraku pagi-pagi, Anda akan menemui beberapa warga yang memanfaatkan aliran sungai untuk mandi dan mencuci. Di pagi hari di tepi sungai itu, asap tipis masih mengepul jika orang berbicara. Anak-anak kecil terlihat lihai meloncat dari batu besar di tepian sungai. Selain itu, banyak kupu-kupu dan capung yang berterbangan di atas aliran sungai Lubuak Paraku. Keberadaan kupu-kupu dan capung merupakan indikator kebersihan sungai yang berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Padang itu.

Sungai Lubuak Paraku

Menurut penduduk setempat, dulunya di sepanjang aliran sungai Lubuak Paraku ini terdapat banyak sekali batu-batu besar. Namun sejak beberapa puluh tahun yang lalu, batu-batu besar itu diambil untuk membuat pemecah ombak di pantai Kota Padang. Hasilnya, kini tidak terdapat begitu banyak batu besar di sungai itu. Tapi hal itu justru memberikan keuntungan karena semakin banyak tempat yang bisa digunakan untuk berenang. Selain jernih airnya, sungai Lubuak Paraku juga membantu ekonomi masyarakat sekitar dengan melimpahnya ikan air tawar.

Jika Anda mandi di sungai Lubuak Paraku, bukan tidak mungkin Anda bisa berenang bersama ikan-ikan air tawar. Menurut asal katanya, Lubuak merupakan tempat berkumpulnya ikan-ikan. Beberapa jenis ikan yang terdapat banyak di sungai ini antara lain ikan gariang (Tor tambroides), ikan mungkuih (Gobiidae) dan satu spesies belut besar yang panjangnya mencapai ukuran 1 meter. Selain itu, aliran sungai Lubuak Paraku sangat baik untuk perkebunan kakao. [G]

10192 Total Views 12 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply