Manggala Wana Bakti, Hutan Di Tengah Kota

Manggala WanaBakti

Nggak punya agenda acara di akhir pekan? Bosan jalan-jalan ke mall dan pusat perbelanjaan? Malas ke objek wisata yang terlalu ramai seperti Kebun Binatang Ragunan atau Monas yang selalu dipadati oleh pengunjung? Dan cari tempat jalan-jalan yang murah meriah tapi cukup bisa bikin happy?

Manggala Wana Bakti

Salah satu alternatif yang bisa coba dikunjungi adalah Manggala Wana Bakti. Hehe, pasti belom pada familiar deh dengan tempat ini, tapi namanya sudah pernah denger kan? Yap, Manggala Wana Bhakti adalah nama dari kantor Departemen Kehutanan. Buat yang sering dateng ke acara kawinan, mungkin sudah lebih familiar karena tempat ini sering dipakai sebagai tempat resepsi pernikahan di salah satu gedungnya. Atau, yang suka demo, biasanya juga familiar dengan nama Manggala Wana Bakti, karena lokasinya persis ada di sebelah Gedung DPR MPR RI.

Manggala WanaBakti

Masuk ke dalam Manggala Wana Bakti, suasana adem langsung terasa, karena banyak pohon-pohon tinggi di dalamnya. Kontras sekali dengan jalan di sekitarnya yang bising dan panas. Saya juga baru satu kali masuk ke dalam Manggala Wana Bhakti padahal deket banget dengan tempat kerja saya. Iseng saja, sepulang dari jalan-jalan sewaktu masih hamil dulu, saya mampir mencoba masuk setelah menyaksikan sebuah acara di televisi bahwa di dalam Manggala Wana Bakti terdapat hutan di tengah kota.

Manggala WanaBakti

Masa deket banget sama kantor malah belum pernah nyobain ke Manggala Wana Bakti, pikir saya. Saya tertarik juga dengan Museum Kehutanan dan Taman Hutan di Manggala Wana Bakti, tapi sayang, kok hari Minggu nggak buka ya? Padahal setahu saya, kebanyakan museum memiliki hari buka Selasa hingga Minggu dan tutup di hari Senin. Yah, batak deh mengeksplor [ceileh, mengeksplor] isi museum ini.

Manggala WanaBakti

Ya sudah, jadinya saya hanya berkeliling saja sambil jalan kaki santai, hitung-hitung olah raga, karena saya memang jarang sekali berolah raga. Karena banyaknya pohon-pohon tinggi ini, udaranya relatif bersih, padahal dekat sekali dengan jalan tol yang sibuk dan asap kendaraan di mana-mana.

Manggala WanaBakti

Hari itu juga sedang ada yang melaksanakan akad nikah di masjid Manggala Wana Bakti dan kemungkinan dilanjutkan dengan resepsi karena mobil catering terlihat memasuki areal ini. Saya dan suami lebih tertarik untuk membaca papan-papan nama tanaman yang ada di pohon, sambil berusaha mengeja nama latin tanaman tersebut.

Cocok deh tempat ini kalau dijadikan alternatif tempat wisata di dalam kota untuk anak-anak belajar mengenal tanaman. Lokasinya mudah dijangkau, masuknya gratis (hanya membayar biaya parkir kendaraan saja), dan sekaligus juga bisa mengunjungi museumnya. Kalau hari kerja, mungkin juga akan ada kantin yang buka kali ya.. Berhubung saya datangnya hari minggu, karyawan Kementerian Kehutanan ini libur, yang ada hanyalah penjual kopi dan minuman di bawah pohon. Ya lumayanlah ya, bisa ngopi-ngopi murah sambil berteduh di bawah pohon yang rindang.

11663 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply