Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, Karya Sunan Kalijaga

Masjid yang dibangun pada tahun 1480 M ini masih kokoh berdiri hingga kini di Cirebon. Dibangun pada masa Wali Songo oleh Sunan Kalijaga, Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini diyakini sebagai masjid tertua di Cirebon. Arsitekturnya merupakan perpaduan dari Cirebon, Demak dan Majapahit.

Kraton Kasepuhan Cirebon

Untuk bisa mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Rasa, teman-teman bisa berjalan kaki dari Kraton Kasepuhan, karena letaknya tak jauh dari situ. Posisinya ada di sebelah barat, berdekatan pula dengan alun-alun. Ada keunikan tersendiri dari Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini, karena pada saat sholat Jumat, muadzin yang bertugas mengumandangkan adzan berjumlah 7 orang secara bersamaan.

Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang bisa dikunjungi di Cirebon, pada umumnya merupakan bangunan tua dan bersejarah. Namun, Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini memiliki daya tarik khusus bagi pengunjung, umumnya para peziarah yang hendak berdzikir dan tirakat malam, pada Selasa atau Jumat Kliwon. Dua buah sumur dengan air zam-zam juga diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Buat pecinta seni fotografi, mesjid ini juga mampu menghasilkan gambar yang sangat indah dari kubah, mihrab, ukiran dan arsitektur keseluruhannya.

Dari Jakarta, ada kereta langsung ke Cirebon yang membuat transportasi ke sana semakin mudah. Tarif hotel-pun tidak semahal di kota besar, dengan wisata kuliner seperti Nasi Jamblang dan Empal Gentong yang sangat menarik untuk dicoba.

6317 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply