Masjid Baiturrahman, Masjid Nan Megah Di Aceh

April 20th, 2012 dalam kategori Nangroe Aceh Darussalam ditulis oleh 0 Comments | 2,134 kali dibaca |

Tempat wisata rohani bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin berwisata sembari mendalami budaya agama tertentu. Jika anda melihat di Indonesia, dengan sejarah budaya yang banyak dan luas, maka sangat tepat untuk memanfaatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat wisata rohani. Tentu saja anda tidak lagi belajar dari buku sejarah saat wisata rohani, karena anda yang akan melihat secara langsung detail serajah keagamaan Indonesia sendiri.

Wisata rohani akan dibahas yaitu Masjid Baiturrahman Aceh. Bukan sebuah masjid biasa, dipilihnya Masjid ini sebagai wisata rohani tentu karena sejarah yang kuat yang patut untuk diketahui. Berdirinya pada tahun 1621 oleh Sultan Iskandar Muda. Jangan salah jika Masjid ini pun menjadi saksi sejarah abad penjajahan. Belanda pernah membakar masjid ini pada tahun 1873, dan membangunnya kembali sebagai gantinya. Proses perjalanan pembangunan dan renovasi masjid ini pun cukup panjang. Dari tahun 1883 Masjid ini berkubah tunggal hingga diperluas menjadi berkubah tiga pada tahun 1935 dan renovasi terakhir adalah saat diperluas menjadi lima kubah pada tahun 1968.

Sejarah singkat diatas dapat anda pahami bahwa Masjid ini tidak hanya layak sebagai wisata rohani bagi anda, tetapi juga sebagai wisata budaya yang menakjubkan. Bagi anda yang berdomisili di luar pulau Sumatra, tentu akan mengalami kesulitan untuk mengakses masjid ini jika tidak mengerti rute mana yang harus ditempuh. Jika anda ingin berangkat dari Jakarta, tentu tidak berlama-lama dengan kendaraan darat, anda bisa menyiapkan uang sekitar Rp 1.200.000 dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Sultan Iskandarmuda. Sehingga pulang pergi sekitar Rp 2.400.000. Tentu harga tiket bisa fluktuatif sehingga anda sangat perlu sering mengeceknya ke biro perjalanan anda. Bagaimana dengan perjalanan hingga menuju lokasi?

Dari bandara menuju Masjid hanya dibutuhkan kendaraan umum berupa bus damri. Ya, cukup 30 menit untuk sampai langsung dan melihat keindahan Masjid yang memiliki nilai historis tidak luluh lantak terhadap terjangan ombak tsunami. Sayangnya, bagi pelancong, memang kesulitan menemukan hotel terdekat dari Masjib Baiturahman ini. Ada beberapa hotel yang bisa menjadi rujukan untuk anda dengan harga dibawah Rp 1.000.000 per malam per kamarnya, namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan hotel berbintang lainnya yang ada di Banda Aceh.

1. Oasis Actjeh Hotel dengan biaya permalamnya 450.000an rupiah. Jarak dari bandara 9.37 km.

2. Crystall Guesthouse dengan biaya permalamnya cuma 110.000an rupiah. Jarak dari bandara 12,47 km.

3. Hotel Cakradonya dengan biaya permalamnya 225.000an. Jarak dari bandara 11,74 km.

Dari beberapa informasi yang bisa disajikan untuk anda bagi yang ingin berkunjung langsung ke Banda Aceh, dan melihat langsung Masjid Baiturrahman tersebut. Masjid yang indah dengan arsitektur yang unik khas daerah yang dijuluki serambi mekkah ini merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang sangat historis. Area luas dengan hamparan halaman yang juga menyejukkan bagi Anda yang berwisata ke masjid ini.

Tarif harga hotel, biro perjalanan, bisa berubah sewaktu-waktu. Jika Anda bukanlah seorang backpacker, maka ada baiknya untuk bisa menabung lebih banyak mulai sekarang, dan persiapkan segala yang ada untuk bisa leluasa jalan-jalan berwisata di Banda Aceh, dan mengunjungi Masjid Baiturrahman ini. (him)

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply