Masjid Katangka Di Gowa, Tertua Di Sulawesi Selatan

Hari sudah sore, namun tak menyurutkan saya untuk mengunjungi Masjid Katangka, Masjid tertua yang ada di Gowa Sulawesi Selatan. Berdiri sejak tahun 1603, Masjid Katangka hingga kini masih terlihat kokoh dan tak menunjukkan tanda-tanda kehancurannya. Namanya Masjid Al Hilal. Namun lebih dikenal dengan sebutan Masjid Katangka. Masjid Katangka adalah tempat agama Islam pertama kali menyebar di Gowa Sulawesi Selatan.

Berawal dari masukknya 41 alim ulama dari Timur Tengah ke Gowa, perlahan Islam mulai menyebar sampai ke seluruh bagian Sulawesi Selatan. Mubaliq dari Timur Tengah itulah yang membangun Masjid Katangka sebagai cikal bakal menyebarnya agama Islam di sana.

Cara mengenalkan agama Islam kepada penduduk sekitar adalah dengan mengadakan Sholat Jumat di bawah pohon Katangka. Di situlah kemudian dibangun masjid yang hingga kini terkenal dengan nama katangka. Posisi tepatnya Masjid itu adalah di Jalan Syekh Yusuf, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Pembangunan Masjid Katangka dilakukan saat Sultan Alauddin berkuasa, sekitar awal abad 17. Sultan Alauddin adalah raja Gowa yang ke 14, Kakek dari Sultan Hasanuddin yang terkenal dengan sebutan Ayam Jago dari Timur itu.

Katangka adalah nama sejenis pohon. Pohon Katangka adalah pohon yang menaungi para mubaliq dari Timur Tengah saat memimpin sholat jumat di lokasi itu. Saat akan dibangun masjid, pohon katangka yang ada ditebang dan kayunya digunakan sebagai bahan bangunan utama untuk masjid. Hingga kini, kayu katangka yang pertama kali ditebang saat itu, masih diyakini bertahan sebagai kuda-kuda di bagian atap masjid. Yang lainnya sudah ada mengalami perubahan saat renovasi masjid dilakukan.

Pemugaran dilakukan dengan tetap mempertahankan bentuk dan posisi asli masjidnya, termasuk pada bagian mimbar yang berbentuk mirip dengan panggung. Bagian atap masjid berbentuk prisma menggunakan kayu yang ukurannya tertentu. Sampai dengan saat ini, pemugaran baru dilakukan sebanyak enam kali. Pemugaran terakhir tahun 2007 dan saya mengunjunginya pada bulan Mei 2010.

Jika Anda sudah sampai Gowa Sulawesi Selatan, tak ada salahnya selain mengunjungi Masjid Katangka, Makan Sultan Hasanuddin tepat berada di atas bukit masjid katangka. Dan Anda juga bisa mengunjungi Benteng Sompa Opu. Selamat berjalan-jalan!

7068 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply