Masjid Raya At Taqwa Cirebon

Wow, rasanya tak percaya jika Masjid At Taqwa Cirebon di belakang saya dibiayai dengan dana tak kurang dari 9,2 Miliar rupiah. Cirebon memiliki ikon baru yaitu Masjid At Taqwa. Dengan luas sekitar 2.600 meter persegi, Masjid At Taqwa Cirebon menjadi salah satu bangunan termewah di Cirebon. Terletak di pusat kota, di Jalan Siliwangi dan di samping alun-alun Kejaksan.

Menara Masjid At Taqwa Cirebon tingginya 65 meter, dan merupakan bangunan tertinggi di Cirebon, menara Masjid At Taqwa Cirebon  dibuka untuk umum sehingga semua orang dapat menyaksikan Kota Cirebon dari ketinggian.

Masjid At Taqwa Cirebon

Arsitektur Masjid At Taqwa Cirebon seperti bangunan di daerah tropis, dengan gerbang warna emas bertuliskan dua kalimat sahadat. Masjid At Taqwa Cirebon mampu menampung jamaah sebanyak 5.500 orang.

Enam tiang penyangga lampu taman yang menghiasi jalan masuk menuju gerbang, seperti hendak menyambut ramah kedatangan tamu-tamu Allah. Seluruh lantai dan dinding masjid menggunakan batu granit, begitu juga tiang-tiang dalam mesjid. Tiang-tiang dihiasi dengan ornamen arsitektur Islam.

Masjid Raya Cirebon

Tidak seperti bangunan umumnya, bagian dinding tidak dilengkapi dengan jendela yang tertutup kaca. Jendela besar-besar yang ada dibiarkan terbuka untuk membiarkan aliran udara lancar keluar masuk masjid. Jendela hanya diberi teralis besi ditambah elemen estetika yang terbuat dari kuningan dengan pola arsiterktur Islam.

Keteduhan juga diupayakan untuk dihadirkan di arena luar masjid dengan menanam 10 pohon korma di halaman samping masjid yang dekat dengan sisi jalan. Kehadiran dua kolam air mancur di sisi kanan dan kiri bagian depan mesjid, semakin melengkapi keindahannya.

Masjid Raya Cirebon

Tampak pada gambar, alun-alun yang luas di sebelah Masjid At Taqwa Cirebon, digunakan sebagai tempat berolah raga, soft ball pada siang hari yang terik. Puas menikmati pemandangan indah di Masjid At Taqwa Cirebon, saya melanjutkan jalan-jalan menyusuri Kota Cirebon. Nantikan di cerita selanjutnya ya. (Bacaan)

4415 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply