Masjid Raya Sultan Riau Pulau Penyengat

Ada yang tahu Pulau Penyengat ada di mana? Yap, di Kepulauan Riau. Salah satu objek wisata yang terkenal di Pulau Penyengat adalah Masjid Raya Sultan Riau yang dibangun pada massa Engku Putri Raja Hamidah, istri Sultan Mahmudsyah, penguasa Riau.

Masjid Raya Sultan Riau Pulau Penyengat

Untuk bisa menuju ke Pulau Penyengat, Anda bisa menaiki perahu motor dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kota Tanjung Pinang. Waktu yang dibutuhkan cukup singkat, hanya sekitar 15 menit, dengan biaya Rp. 10.000,-

Mulanya, Masjid Raya Sultan Riau ini hanya berlantai batu bata dengan menara yang tingginya kurang dari 6 meter. Kini, masjid sudah diperbaiki dan diperbesar oleh Yang Dipertuan Muda Raja Abdurrahman. Masjid dibangun secara gotong royong oleh masyarakat hingga ke kawasan Riau Lingga untuk membantu bahan bangunan dan makanan. Bahan putih telur digunakan untuk membangun Masjid Raya Sultan Riau tersebut.

Luas Masjid Raya Sultan Riau ini adalah 54×32 meter, dengan luas bangunan 29×19 meter. Ketebalan dindingnya mencapai 50 cm, menjadikan Masjid Raya Sultan Riau ini sangat kokoh dan menjadi satu-satunya peninggalan Kerajaan Riau Lingga yang tersisa.

Luas Pulau Penyengat hanya sekitar 240 hektar, dan Masjid Raya Sultan Riau yang berwarna kuning mencolok ini menjadi bangunan yang langsung terlihat dari dermaga panjang dan Pelabuhan Sri Bintan Pura Kota Tanjung Pinang. Masjid Raya Sultan Riau ini memiliki tiga belas kubah dan empat menara masjid berujung runcing setinggi hampir Sembilan belas meter. Jika jumlah kubah dan menara dijumlahkan, maka 17 adalah penunjuk bilangan rekaat salat dalam satu hari. Masjid Raya Sultan Riau ini ditetapkan sebagai masjid pertama yang memakai kubah pada atapnya.

Di pintu masuk Masjid Raya Sultan Riau ini, terdapat Al Quran yang ditulis oleh Abdurrahman pada tahun 1867 M. Beliau ini adalah putra Riau yang belajar di Istambul Turki. Al Quran tersebut ditulisnya ketika mengajar agama Islam di Pulau Penyengat, Riau.

Tertarik untuk jalan-jalan ke Pulau Penyengat Riau? Yuk!

2681 Total Views 5 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply