Masjid Rong He Al Imtizaj Bandung, Masjid Bernuansa Tionghoa

Orang menyebutnya ada di Jalan Banceuy, ada juga yang bilang Jalan ABC dan Jalan Naripan. Sebagai orang yang bukan asli Bandung, saya nggak tahu juga mana yang benar. Yang pasti, Masjid Rong He atau juga Masjid Al Imtizaj ini saya temukan ketika akan jalan-jalan ke Museum Konperensi Asia Afrika. Dari Stasiun Kereta Api Bandung, saya menyusuri Pasar Baru. Mencari pengganjal perut karena sejak pagi memang belum diisi apapun.

Akhirnya, semangkuk soto ayam Madura pun tandas di emperan Pasar Baru. Saya melangkahkan kaki melewati jalan ABC sampai mentok. Kemudian lurus lagi. Entahlah, Masjid Rong He ini masuk ke jalan apa, yang pasti dia ada tepat di belokan sebuah pusat perbelanjaan yang kelihatannya tak lagi ramai dikunjungi orang. Waktu sudah menunjukkan pukul 10 pagi lebih, seharusnya sebuah pusat pertokoan sudah mulai buka. Namun, masih terlihat sangat sepi pagi itu.

Saya melongok ke dalam masjid. Ada sekelompok orang sedang mengadakan pengajian. Tak banyak nyali saya untuk masuk dan mengganggu mereka. Jadilah saya hanya mengambil gambar Masjid Al Imtizaj dari luar pintu gerbangnya saja. Sebuah masjid yang unik, karena di bawah namanya tertulis sebuah aksara Cina, dan bangunannya pun dicat dengan warna yang sangat khas: merah.

Masjid Rong He Al Imtizaj

Masjid Rong He, berarti pembauran. Muslim dari etnis Tionghoa sendiri memiliki keinginan untuk membaur dengan warga muslim lainnya. Meskipun jumlahnya hanya sedikit, mereka ingin berbaur dengan masyarakat sekitar. Pemilik pusat perbelanjaan tersebut, rupanya seorang muslim beretnis Tionghoa, dan mengijinkan didirikan sebuah masjid di lokasi itu.

Arsitektur Al Imtizaj berbeda dengan masjid-masjid umumnya di Indonesia. Tak terlihat menara tinggi menjulang, dan juga tak ada kubah yang amat besar. Di atas pintu gerbang memang terdapat sebuah kuncup kecil yang bentuknya menyerupai kubah, namun saya pikir itu bukan kubah masjid.

Masjid yang berdiri akhir tahun 2010 ini mampu menampung hingga 200 jamaah. Dengan ciri khas Tionghoa-nya seperti dua buah lampion yang tergantung di pintu masuk, tempat wudhu yang bentuknya guci dan interior di dalamnya yang jauh berbeda dengan masjid yang biasa kita masuki, menjadikan Masjid Rong He ini sebuah tempat istimewa yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke Kota Bandung. Mau shalat di Masjid Al Imtizaj?

3450 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply