Membandingkan Sop Ikan Manado, Batam, dan Sunda

Di Indonesia, ikan merupakan makanan yang cukup digemari masyarakat dengan berbagai variasi masakan yaitu antara lain ikan bakar, ikan goreng, dan ikan pepes. Kali ini saya ingin memperkenalkan masakan ikan yang unik yaitu sop ikan. Kebanyakan orang enggan memasak ikan dengan kuah karena menghindari bau amis dari ikan tersebut. Namun hal ini ternyata tergantung pada keahlian memasak dan bahan-bahan yang dipakai. Jika sudah dipelajari, bukan tidak mungkin sop ikan menjadi idola baru di dunia kuliner khususnya kuliner ikan.

Sop Ikan Manado

Di Kota Jakarta, sop ikan sudah menjadi menu utama di beberapa restoran. Dan menu sop ikan ini jauh dari bau amis karena sop ikan dimasak dengan bumbu segar dan ikannya pun ikan yang segar. Restoran Ny Filly yang bertempat di kompleks Taman Ismail Marzuki, misalnya, menyajikan sop ikan kuah asam khas Manado. Ny Filly menyiapkan sop ikan dengan kuah yang bening, cabe rawit hijau utuh, irisan tomat, daun kemangi, dan potongan bawang. Dengan bumbu-bumbu itu, sop ikan Ny Filly sangat segar untuk dinikmati di siang hari.

Jika restoran khas Manado umumnya menggunakan ikan marlin atau ikan tenggiri, restoran Ny Filly justeru menggunakan ikan mas. Satu ikan disiapkan untuk dua porsi sop ikan, yang dibagi menjadi dua yaitu bagian kepala dan bagian ekor. Jika Anda penyuka kepala ikan, sop ikan ini akan sangat menantang Anda untuk membersihkan daging ikan yang terselip di antara tulang-tulang kepala ikan. Selain itu, sop ikan Ny Filly akan terasa lebih enak karena daging ikan mas cukup lunak jadi Anda tidak harus terlalu bekerja keras untuk mengunyahnya.

Beda lagi dengan sop ikan khas Batam, jika sop ikan khas Manado banyak menggunakan rempah-rempah daun, sop ikan khas Batam justeru tidakĀ  menggunakannya. Meskipun begitu, Anda tidak akan menemukan bau amis pada sop ikan khas Batam ini. Meski sama-sama menggunakan kuah bening, sop ikan khas Batam berbeda dengan sop ikan khas Manado karena menggunakan filet daging ikan tenggiri. Sop ikan khas Batam juga dilengkapi dengan daun selada segar dan irisan bawang bombai.

Sop ikan khas Batam ini akan lebih nikmat kalau dinikmati dengan tambahan kecap asin dan irisan cabe rawit hijau. Sop ikan khas Batam juga memiliki variasi yaitu sop ikan goreng. Sop ikan goreng ini menggunakan ikan kuwe yang terlebih dahulu digoreng. Ikan kuwe yang sudah digoreng itu kemudian disiram dengan kuah tomyam dan irisan nanas. Irisan nanas inilah yang membuat sop ikan goreng tersebut terasa segar dan terhindar dari bau amis.

Di pinggiran Jakarta, tepatnya di Tangerang Selatan, ada restoran yang menawarkan menu sop ikan yang berbeda. Restoran Bukit Pelayangan yang kerap disingkat Bupe ini menawarkan sop ikan ala masakan Sunda. Di restoran ini sop ikan menjadi menu favorit meski harganya selangit, satu porsi dihargai Rp. 48.000,-. Restoran Bupe menyajikan sop ikan ayam-ayam yang memiliki bumbu hampir sama dengan sop ikan khas Manado yaitu daun bawang, tomat sayur, kemangi, serai, cabe rawit merah, dan jeruk lemon.

Jika sop ikan khas Manado menggunakan jeruk nipis atau cuka untuk memberikan kesegaran pada sop ikan, Restoran Bupe menggunakan jeruk lemon agar aroma asamnya lebih terasa. Lemon ini juga membuat rasa anyir dari ikan langsung hilang. Sop ikan khas Sunda ini disantap dengan nasi putih dan sayuran yang dimasak oseng, seperti tauge dan kangkung. Jika ingin mencoba menu lain, Anda bisa mencoba menu sop ikan patin yang berada tidak jauh dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. [G]

9043 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply