Mengelilingi Taman Wisata Alam Situgunung

Sudah familiar kan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango? Di dalamnya, terdapat lahan seluas kurang lebih 100 hektar yang merupakan kawasan Taman Wisata Alam Situgunung. Terletak di kaki Gunung Pangrango pada ketinggian 950 – 1.036 meter dari permukaan laut, Kawasan Taman Wisata Alam Situgunung memiliki tipografi yang datar, bergelombang dan berbukit.

Taman Wisata Alam Situgunung dapat Anda capai dengan jarak sekitar 15 kilometer dari Kota Sukabumi, sekitar 30 menit berkendara. Dapat menggunakan transportasi pribadi maupun angkutan umum dan juga ojeg. Dari Ibukota Jakarta berjarak kurang lebih 100 Km dan dari Bandung berjarak kurang lebih 105 Km. Dapat ditempuh selama sekitar dua jam perjalanan.

Taman Wisata Alam Situgunung memiliki iklim dengan curah hujan rata-rata 16 cm per tahun. Bersuhu 16 sampai 28 derajat Celcius, menjadikan Taman Wisata Alam Situgunung adalah daerah wisata yang sejuk. Apa saja yang ditawarkan oleh Taman Wisata Alam Situgunung yang bisa dinikmati oleh pengunjung? Ada beberapa dan daftarnya adalah sebagai berikut:

Telaga Situgunung. Yaitu sebuah telaga yang indah, yang merupakan sebuah telaga buatan dengan luas 10 hektar. Telaga Situgunung memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh bukit dan hutan damar.

Curug Cimanaracun dan Curug Sawer. Dua buah curug atau air terjun yang tak kalah indahnya dengan Telaga Situgunung.

Berjalan-jalan ke Taman Wisata Alam Situgunung banyak sekali yang dapat Anda lakukan seperti menikmati keindahan alamnya, mendaki gunung, hiking, memancing, memuaskan hasrat memotret pemandangan alam, bersampan dan lain sebagainya.

Potensi lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan mengadakan kegiatan di alam terbuka bagi kantor atau instansi seperti workshop dan rapat yang diselenggarakan dengan terbuka sambil menikmati keindahan alam. Bagi anak-anak, dapat juga diajarkan tentang alam dan lingkungannya. Menanamkan rasa mencintai dan belajar sebebas alam terbuka.

Taman Wisata Alam Situgunung menyediakan 4 buah pesanggrahan dan sebuah gedung serbaguna yang mampu menampung hingga dua ratus orang dalam satu kegiatan. Memiliki areal perkemahan dengan luas 5 hektar di sekitar hutan damar, dengan fasilitas yang lengkap. Seluruh lokasi Taman Wisata Alam Situgunung dihubungkan dengan jalan setapak dan penunjuk jalan yang jelas.

Anda butuh makan? Jangan khawatir. Ada rumah makan dan kafetaria yang siap melayani Anda. Ada juga dilengkapi dengan berbagai macam kios cinderamata yang bisa Anda manfaatkan untuk berbelanja oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

5530 Total Views 5 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply