Menikmati Sejuknya Kebun Raya Bogor

Yang jadi pertanyaan saya pertama kali, berapa sih harga tiket masuk Kebun Raya Bogor? Tiket masuknya seharga Rp. 9.500,- Untuk mobil roda empat membayar Rp. 15.000,- dan sepeda motor seharga Rp. 3.000,-. Kebun Raya Bogor sangat ramai dipadati pengunjung pada hari Minggu dan hari libur lainnya. Dibuka setiap hari dari jam delapan pagi sampai jam 5 sore. Jangan lupa, untuk masuk ke dalam rumah Anggrek yang terdapat di Kebun Raya Bogor, kita dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 1.000,-

Bagaimana sih sejarahnya Kebun Raya Bogor ini? Berlokasi di Jalan H. Juanda No. 13 Bogor, Kebun Raya ini didirikan tahun 1817 oleh Prof. Dr. Reinwadt, ahli botani dari Jerman. Luas Kebun Raya Bogor kurang lebih 87 hektar, dengan terdiri dari tanaman tropis lebih dari 20.000 tanaman dan 6.000 spesies.

Selain tumbuh-tumbuhan, ada juga museum zoologi terdapat di Kebun Raya Bogor. Fasilitas perpustakaan juga ada. Istana Bogor ada di sebelahnya. Pusat koleksi anggrek juga bisa Anda masuki. Yang paling asyik, tentu saja berjalan di bawah rerimbunan pohon-pohon tua yang berusia ratusan tahun, dan beberapa diantaranya sudah langka.

Ternyata, ada yang mungkin tidak banyak tahu jika Kebun Raya Bogor memiliki nama julukan lain seperti: Botanical Garden of Indonesia, Kebun Gede, s’Lands Plantentuin, Botanical Garden of Buitenzorg, Syokubutzuer (zaman Pendudukan Jepang) dan Kebun Jodoh.

Apa saja yang ada di Museum Zoologi Kebun Raya Bogor? Di museum zoologi disimpan berbagai macam binatang yang diawetkan, seperti mamalia, burung, serangga, sampai dengan binatang air. Sebagian besar binatang yang diawetkan, sudah langka dan jarang kita temui di sekitar kita.

Yang mau narsis, tentu saja tak lengkap jika tidak berfoto-foto di jembatan merah yang membentang di atas sungai di Kebun Raya Bogor. Jembatan Merah ini sudah seperti ikon tersendiri yang dimiliki oleh Kebun Raya Bogor.

Trus, kalau mau ke Kebun Raya Bogor, gimana jalurnya? Dari Jakarta, masuk saja ke dalam tol arah Bogor, keluar di pintu tol kota Bogor, kemudian ambil jalur kanan, setelah ketemu lampu merah belok kanan dan  melewati terminal, KFC,tugu kujang, lampu merah jalan lurus, sebelah kiri Kebun Raya Bogor. Jika naik kereta commuter dari stasiun Lenteng Agung menuju Bogor, harga tiket Rp. 5.500,- Selamat jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor.

9915 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply