Meniti Jembatan Kayu Curug Cibeureum

Curug Cibeureum adalah salah satu dari sekian banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Cibodas, Kabupaten Bogor. Meskipun Cibodas bagi beberapa orang identik dengan Puncak, Taman Bunga dan kawasan objek wisata Gunung Gede Pangrango, namun Curug Cibeureum patut Anda kunjungi juga karena tak kalah indah pemandangannya.

Untuk bisa mencapai Curug Cibeureum, Anda harus berkendara sekitar dua jam dari Jakarta menuju kawasan Cibodas. Agak jauh ya, tapi sebanding kok dengan keindahan yang akan Anda dapatkan. Jalanan menuju Curug Cibeureum memang sedikit berbatu dan terjal, tetapi pemandangan di sepanjang perjalanan adalah deretan pepohonan yang rindang. Tak jarang, jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa hewan yang melintas keluar dari hutan.

Ada beberapa pos penjaga sepanjang jalan menuju Curug Cibeureum yang bisa Anda temui. Ada juga sebuah danau yang airnya terlihat biru jernih. Orang-orang menyebutnya sebagai Telaga Biru. Telaga Biru karena airnya berwarna biru akibat dasar telaga yang dipenuhi dengan ganggang.

Jangan pernah takut tersesat. Berjalan di dalam hutan menuju Curug Cibeureum sangat aman, ada petunjuk jalan yang akan memandu Anda selama menempuh perjalanan. Usai dari jalanan berbatu, Anda akan disambut dengan jembatan kayu sepanjang kurang lebih satu kilometer. Cukup panjang juga, namun keindahan Curug Cibeureum sudah bisa Anda nikmati dari jembatan kayu tersebut. Hati-hati jika basah, jembatan kayu akan licin.

Tinggi Curug Cibeureum hanya berkisar limapuluh meter saja, tidak terlalu tinggi. Namun sangat indah. Ada lumut berwarna merah di dinding air terjun yang menambah keindahan. Terdapat juga dua air terjun yang lebih kecil lagi debit airnya di sebelah kanan dari Curug Cibeureum. Anda bisa menikmati saja pemandangan yang ada, tetapi bisa juga bermain-main air di bawah air terjun Curug Cibeureum.

Udara di sekitar Curug Cibeureum lumayan dingin, jadi disarankan untuk membawa pakaian hangat seperti jaket atau sweater untuk melawan dinginnya udara. Selain itu, hujan juga sering turun. Tak ada salahnya jika bersiap dengan mantel, jas hujan ataupun paying, sekedar berjaga-jaga jika tiba-tiba hujan turun.

Gunakan juga sepatu yang nyaman dipakai selama perjalanan menuju Curug Cibeureum, karena adanya bebatuan dan jembatan kayu yang terkadang sangat licin, sandal yang disarankan adalah sandal gunung atau sepatu dengan bahan karet pada bagian bawah.

Meskipun ada beberapa orang yang menjual makanan dan minuman, tetapi tak ada salahnya jika Anda juga membawa perbekalan dari rumah, selain hemat, kebersihan makanan juga terjaga. Anda bisa menikmati bekal yang dibawa selama perjalanan di beberapa pos penjaga sambil menikmati pemandangan alam yang memukau. Tetapi tetap harus ingat ya, untuk membuang sampah pada tempatnya. Jaga kebersihan selama jalan-jalan ke Curug Cibeureum. (sumber foto: omhanif)

7758 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

2 Comments

  1. Situgunung August 16, 2011
  2. cantik February 20, 2012

Leave a Reply