Menyusuri Danau Gap, Kalimantan Timur

Kunjungan wisata kali ini masih berada di Kalimantan Timur. Ya, Kalimantan Timur menyimpan banyak pesona wisata yang bisa anda kunjungi. Pesona wisata kali ini berhubungan dengan wisata air. Jika anda merupakan orang yang menikmati indahnya wisata alam air, maka tempat ini cocok untuk anda. Ya, Danau Gap yang tepatnya berada di Long Iram di Kalimantan Timur. Sebuah Danau yang cukup dilalui dengan jarak kurang lebih 4 kilometer. Dengan menyusuri sungai Mahakam anda dapat menemukan Danau Gap ini.

Danau ini cukup di pedalaman. Sehingga anda masih menemui jalan dengan medan yang sulit ditempuh. Karena medan yang sulit di tempuh ini anda harus cukup bersabar untuk bisa sampai di sana. Itu dulu sebelum tahun 2009. Kini jalan daratnya sudah cukup baik anda lewati. Namun perkembangan terus berlanjut. Entah bagaimana saat ini tahun 2012. Dulu saat musim penghujan, jalan yang menghubungkan ke Danau Gap ini berkubang air lumpur. Sehingga disarankan pada waktu itu untuk berkunjung di musim kemarau.

Long Iram sendiri masih cukup sederhana. Apalagi kepadatan penduduk yang tidak sampai 10 orang/kilometer persegi. Sehingga daerah ini masih cukup sepi. Jika anda pernah menyaksikan acara televisi tentang bepergian ke pedalaman, mungkin inilah saatnya yang tepat bagi anda untuk mencobanya. Namun jangan khawatir bukan berarti anda benar-benar datang ke pedalaman.

Danau Gap sendiri belum benar-benar tereksplorasi. Dibandingkan wisata danau di Kutai Barat ini, seperti danau Jempang, danau di Kojo, Danau Berambai, Danau Malinau dan Danau Loa Maong. Ada hal unik sebenarnya di Danau Gap. Ternyata habitat asli kera ada disini. Jika anda hanya bisa melihat habitat kera asli Kalimantan di kebun binatang, kini anda bisa melihatnya langsung di sini. Dengan menyewa kapal untuk mengitari danau yang cukup besar ini, anda bisa menikmati keindahan alam yang ada. Sangat disarankan untuk membawa handycam dibandingkan kamera untuk mengambil moment indah di Danau Gap ini. Kenapa? Karena habitat kera ini tentu bergerak bebas sehingga dimungkinkan dengan mengambil gambar dengan kamera akan sangat sedikit mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika anda telah berwisata di Danau Gap, anda yang masih di Long Iram dapat menikmati keindahan desa ini yang ternyata merupakan bekas penjajahan kolonial Belanda di Kalimantan Timur. Untuk penginapan anda bisa mencoba saran kami berikut ini. Hotel Puteri Tunjung. Hotel ini memang sederhana bukan seperti hotel bintang yang ada. Hotel ini memiliki fasilitas persewaan kamar permalam dengan kelas standar mulai dari harga Rp. 200.000 sampai Rp 300.000. Hotel ini berlokasi di alamat Jl Gajah Mada RT V, Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur 75576 No Fax/Telp : (+62) 545 4043300.

Transportasi untuk sampai ke Kutai Barat bisa dilakukan dengan jalan darat, udara dan air. Jarak jalan darat dari Samarinda (Ibu Kota Kaltim) sekitar 280 kilometer. Seluruh jalan yang dilewati telah beraspal, tunggu hingga kapal ke Kutai Barat tiba ke Barong Tongkok/Sendawar, taxi & bus tersedia di Terminal Sungai Kunjang Samarinda, dengan jalur air menyusuri sungai Mahakam dari Pelabuhan Sungai Kunjang Samarinda dimulai dengan berangkat jam 7 pagi, dengan menggunakan Kapal Angkutan Umum 400an kilometer, atau ditempuh sekitar 17 jam sampai ke Pelabuhan Melak kemudian diteruskan jalan darat 19 km menuju Barong Tongkok / Sendawar (Ibu kota Kutai Barat).

Dengan menggunakan pesawat terbang dengan mesin dua baling-baling dengan waktu tempuh 45 menit dari lapangan terbang Temindung Samarinda, atau dari Bandara Sepinggan Balikpapan sampai ke lapangan terbang Melalan Melak. Nah, semoga informasi ini dapat membantu anda untuk sampai ke Danau Gap dan berwisata di Kalimantan Timur. (him)

6339 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply