Menyusuri Kota Bersejarah Versailles

Di antara banyak tempat indah di kota ini, Istana Versailles adalah juaranya. Dari dongeng tentang kemahsyuran Raja Lousie hingga kisah tragis Marie Antoinette tertoreh di istana ini.

Mata saya terpana menyaksikan istana yang besar dan eksotik di depan mata. Dinding luar didominasi warna krem dengan atap berwarna hitam. Dikelilingi dengan taman yang sangat indah. Ada beberapa kolam, air mancur, dan patung. Sejumlah mahasiswa terlihat sibuk mengambil foto di taman istana Versailles.

700 Kamar, 6123 Lukisan

Masuk ke dalam istana saya semakin kagum dengan kemegahannya. Istana yang dibangun pada Abad ke 17 ini pernah ditinggali oleh Raja Lousie ke 14 dan beberapa raja Perancis. Terdapat beberapa ruangan yang indah, seperti ruangan tidur, ruang kerja, perpustakaan, dan ruang ibadah. Ada sekitar 700 kamar atau ruangan di istana ini. Dan setiap ruang mempunyai dekorasi dan ornamen yang berbeda. beberapa ruangan berisi koleksi unik. Seperti koleksi lukisan di beberapa ruangan, buku-buku tua di ruang perpustakaan, ruang makan dengan perlengkapan makan yang antik dan koleksi jam di ruang bekerja.

Kami termasuk pengunjung yang beruntung karena bisa memasuki sebuah kapel tempat beribadah yang tidak bisa dimasuki oleh semua grup kunjungan. Dinding dan langit-langit kapel tersebut dihiasi dengan pahatan-pahatan yang sangat indah. Bagi pecinta seni tidak pernah ada kata cukup untuk menikmati keindahan istana ini. Semua sisi dari istana Versailles benar-benar memanjakan mata. Mulai dari galeri kristal yang diterangi lampu-lampu kristal yang indah, lorong-lorong yang dihiasi dengan patung-patung dan ruangan-ruangan dengan lukisan-lukisan yang  mengagumkan.

Jika Anda punya banyak waktu, jangan lupa mengunjungi taman istana Versailles yang juga sangat indah. Istana Marie Antoinette yang terletak tidak jauh dari istana (masih dalam satu area) juga menarik untuk dikunjungi.

Bagian Tua Versailles

Selain Istana Versailles ada banyak objek wisata mengagumkan di kota yang bisa dicapai dari Paris dengan bus atau kereta api daerah ini. Menurut informasi, Kota Versailles yang terletak d Departemen Yvelines dan Region Ille de France ini memiliki objek wisata kota tua dan modern.

Saya memulai perjalanan dari bagian Kota Tua Versailles. Gedung pertama yang menarik perhatian adalah Gedung Grand Community. Terletak persis di sebelah taman Istana Versailles. Warna dindingnya krem. Di antara jendela-jendelanya terdapat dinding dengan susunan bata berwarna merah. Sehingga warna dindingnya menjadi campuran antara krem dan merah bata. Atapnya berwarna hitam dan memiliki jendela. Tidak jauh dari gedung tesebut ada sebuah bangunan dengan style yang hampir sama yang bernama Hotel Post Tua. Di samping Hotel Post Tua terdapat Hotel De La Guerre atau Hotel Perang yang tampak unik.

Jika warna dinding Gedung Grand Community dan Hotel Post Tua didominasi warna krem dan diselingi merah bata, warna dinding Hotel Perang didominasi dengan warna merah bata atau cenderung pink gelap dan diselingi warna krem. Pintu gerbang gedung ini memiliki pahatan dan patung-patung yang mengagumkan.

Setelah Hotel Perang, saya menjumpai bazar Hotel Surintendance Desbatiments. Gedung ini dibangun oleh Raja Henry ke 4. Dindingnya berwarna krem. Di dalam gedung ada perpustakaan dan ruang membaca dan dari depan gedung ini, kita akan melihat salah satu bagian dari Taman Istana Versailles.

Saya lanjutkan perjalanan menuju Katredal Saint Lousie yang dibangun antara tahun 1743 dan 1754 Masehi. Bagian diinding luarnya berwarna krem, tetapi dinding bagian dalamnya berwarna putih. Di atas pintunya yang berwarna biru, terdapat jam berwarna emas. Di bagian dalam katredal terdapat lampu kristal yang digantung di langit-langit katredal. Sangat mengagumkan.

Di sekeliling Katredal Saint Lousie, kita akan menjumpai air mancur Saint Lousie, Kapel Providence, dan Le Potager du Roi juga. Le Potager du Roi, adalah sebuah kebun sayur dan buah yang dibangun oleh Louise ke 14. Bila Anda mempunyai hobi berkebun ada baiknya berkunjung ke sini. Walau kunjungan ini tidak gratis, kita akan mendapat banyak ilmu berkebun.

Tidak jauh dari katedral, terdapat deretan bangunan bernama les Carres Saint Louise. Hal unik dari gedung-gedung di bawah ini adalah tinggi antar atap dan tanah, yang hanya kurang dari 2 meter sehingga bangunan yang didirikan tahun 1735 ini terlihat kecil. Saat ini gedung-gedung tersebut digunakan sebagai toko dan restoran. Kalau melihat jajaran gedung ini, seperti melihat deretan rumah liliput di antara gedung-gedung raksasa.

Sebelum mengakhiri perjalanan saya melewati rumah di mana Jenderal Hoche (salah satu jenderal besar di Perancis) dilahirkan. Saat ini  lantai dasar rumah ini digunakan sebagai restoran. Di sebelah rumah ini terdapat toko-toko.

Saya juga melewati aula Jeu de Paume. Di masa lalu Jeu de Paume adalah aula untuk permainan tennis dan dibangun oleh Louise ke 14. Lokasi aula ini agak tersembunyi. Bagian bawah aula terbuat dari batu dan bagian atasnya dari kayu.

Gedung unik terakhir yang saya kunjungi pada hari itu adalah Congress Pallace (Istana konggres). Dindingnya berwarna putih, dibentuk dari bongkahan batu yang tersusun rapi. Sehingga memberi kesan kharismatik.

Bagian Modern Kota

Tidak jauh dari kantor pariwisata dan stasiun kereta api, terdapat gedung Hotel de Ville (gedung pemerintah Kota Versailles). Di dinding gedung pemerintahan kota ini terdapat kombinasi atau selang seling horizontal warna merah putih. Ada beberapa jendela-jendela yang indah pada atapnya yang berwarna hitam.

Tidak jauh dari gedung ini terdapat gedung Perfecture Kota Versailles. Dindingnya berwarna krem dan jendelanya berwarna putih. Terdapat banyak pahatan pada dinding.  Destinasi berikutnya adalah Kapel Hospital Civil. Gedung ini termasuk besar. Atapnya berwarna hijau. Di depan pintunya terdapat empat pilar besar. Di atas pilar-pilar tersebut terdapat pahatan yang menawan. Gedung ini terlihat elegan.

Tidak jauh dari kapel, saya menemukan museum Lambinet. Di depan museum ini terdapat taman. Koleksi dari museum ini adalah benda-benda antik abad ke 18 dan ke 19 yang berkaitan dengan kenangan kota ini.

Tujuan saya selanjutnya adalah Hotel Bailliage yang dibangun tahun 1725 M. Di depan bangunan terdapat patung kerbau dari besi di depan gedung. Jika senang barang antik mampir ke tempat ini merupakan pilihan yang sangat tepat karena terdapat banyak toko barang antik di sekitarnya. Saya menyusuri jalan Passage de la Geole yang terdapat di sebelah Hotel Bailliage. Jalan ini dibuat dari batu granit seperti abad pertengahan. Jika kita lihat toko-toko barang antik di jalan ini, rasanya seperti berada di tahun 60an dan tahun 70an. Dari jendela kita dapat melihat koleksi barang antik yang sangat menarik. Barang-barang koleksi ditata dengan menarik. Koleksi-koleksi itupun terlihat sangat eksotik. Jika tertarik dengan benda-benda itu, kita akan dengan mudah masuk ke dalam toko-toko tersebut.

Di area yang sama terdapat pasar Notre Dame. Walau pasar tradisional tersebut dibangun oleh Louise ke 14 bangunan aula pasar ini dihancurkan tahun 1894 dengan alasan kesehatan. Kemudian dibangun lagi di tahun yang sama. Di bagian luar, kita akan menemukan pasar terbuka. Di sekitar pasar ini terdapat beberapa kafe.

Jenderal Muda Yang Besar

Puas berjalan-jalan, saya beristirahat dan duduk di salah satu di Taman Hoche. Saya melihat patung Jenderal Hoche yang berada di tengah-tengah taman. Nama Hoche bisa Anda temukan di hampir seluruh tempat di Perancis. Ia dilahirkan di Versailles tanggal 24 Juni 1768. Pada umur 16 tahun dia menjadi seorang prajurit dan umur 25 tahun menjadi Jenderal Besar. Sang Jenderal meninggal muda pada umur 29 tahun.

Di akhir perjalanan saya mengunjungi dua tempat bersejarah kota Versailles. Tempat tersebut adalah hotel tua  Madame Pompadour dan gedung teater Montansier. Hotel tua Madam Pompadour memiliki dinding berwarna putih dan gedung teater Montansier berwarna orange. Kita dapat menonton pertunjukan di gedung teater Montansier sampai sekarang. Kedua gedung ini terletak sangat dekat dengan Istana Versailles.

Berwisata di kota bersejarah benar-benar memberikan pengalaman yang sangat menarik. (Sumber: Cita Cinta)

2678 Total Views 4 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply