Merasakan Sendiri Naik Kereta Api Ekonomi AC Bogowonto

Beberapa waktu lalu, Kakek saya di Klaten sakit. Saya mencoba memesan tiket kereta api kelas bisnis atau eksekutif untuk akhir pekan, rupanya sudah habis. Dan oleh customer service saya diberitahu bahwa masih ada tiket kereta api Bogowonto yaitu kereta api ekonomi AC yang berangkat dari Pasar Senen menuju Yogyakarta. Tanpa pikir panjang soal jadwal keberangkatan dan harga tiket, saya langsung memesan dua buah, untuk saya dan suami.

Merasakan Sendiri Naik Kereta Api Ekonomi AC Bogowonto

Merasakan Sendiri Naik Kereta Api Ekonomi AC Bogowonto

Ternyata, jadwal kereta api ekonomi AC Bogowonto ini adalah berangkat setiap hari dari stasiun Jakarta Pasar Senen jam 18.40 WIB dan tiba di stasiun Jogja Tugu sekitar jam 04.30 WIB (jika tidak terlambat). :mrgreen: Keterlambatan jadwal kereta api ekonomi ini sering kali disebabkan harus mengalah jika kereta api kelas bisnis dan eksekutif akan melintas. 😆 Kalau dari Yogyakarta kereta berangkat jam 07.30 pagi WIB tiba di stasiun Senen jam 16.00 WIB.

Kereta Bogowonto saya prediksi akan menjadi salah satu kereta pilihan para penumpang, karena ini adalah kereta api ekonomi pertama yang menggunakan AC. Bila dibandingkan harga tiket kereta api ekonomi AC ini tak jauh berbeda dengan harga tiket kereta api kelas bisnis, padahal kelas bisnis malah nggak ada AC-nya. Hanya kipas saja, itupun kalau hidup. 😆

Merasakan Sendiri Naik Kereta Api Ekonomi AC Bogowonto

Beroperasi dari Pasar Senen – Yogyakarta dan arah sebaliknya (Yogyakarta Lempuyangan – Pasar Senen) mulai 1 Maret 2012, saya menjadi beberapa orang awal yang merasakan enaknya KA Bogowonto AC. Saat saya duduk, bangku yang ada masih tertutup dengan plastik, jadi masih bener-bener baru dan bersih keretanya. 😀 AC juga hidup dan lancar, meski tak sedingin AC yang ada di KA kelas eksekutif.

Dengan tempat duduk sistem 2 – 2, dua orang di sisi kanan dan dua orang di sisi kiri, serta jalan yang lumayan lapang, harga tiket kereta api Bogowonto yang harus dibayar sebesar Rp. 155.000,- sangatlah masuk akal. Total tempat duduk dalam satu gerbong hanya 80 orang, dan saat saya naik, tak semua tempat duduk penuh. Lumayan enak lah pokoknya.

Merasakan Sendiri Naik Kereta Api Ekonomi AC Bogowonto

Jadwal Kereta Api Bogowonto ini tidak akan molor terlalu jauh dari perkiraan, karena tidak seperti kereta ekonomi lainnya, Bogowonto tidak berhenti di setiap stasiun. Jarak tempuh Jakarta Yogyakarta adalah sekitar kurang lebih 09 jam 30 menit. Kereta Api Bogowonto akan berhenti di Stasiun Cirebon, Bumiayu, Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Kroya dan Jogjakarta. Saya sampai tepat waktu di Tugu, dan melanjutkan dengan Kereta Api Prameks menuju Klaten. Harga tiketnya murah meriah, Rp. 10.000,- saja.

Gimana, mau nyobain juga naik Kereta Api Ekonomi AC Bogowonto? Bagi ceritanya di sini ya, kalau sudah. 😀

23895 Total Views 24 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

7 Comments

  1. Parikesit July 9, 2012
  2. ff November 18, 2013
  3. Your Name April 1, 2014
  4. toto April 13, 2014
  5. Bali July 24, 2014
  6. Keboemen August 25, 2014
  7. adit December 31, 2014

Leave a Reply