Museum Gunung Merapi, Kaliurang Yogyakarta

Bingung mau jalan-jalan ke mana saat di Yogyakarta? Tenang, saya punya rekomendasi sebuah objek wisata yang masih jarang didatangi di Kaliurang, Yogkarta. Objek wisata ini namanya Museum Gunung Merapi, terletak di Kaliurang Yogyakarta. Tepatnya sih, masuk ke dalam Desa Harjobinangun, Kecamatan Cangkringan dan di dalam wilayah Kabupaten Sleman. Nggak jauh kok, dari Kaliurang yang sudah terkenal di Yogyakarta itu. Tinggal ikuti saja penunjuk jalan yang ada. Objek wisata ini cocok didatangi bersama seluruh anggota keluarga, terutama jika masih memiliki anak yang duduk di bangku sekolah.

Museum Gunung Merapi Kaliurang Yogyakarta

Museum Gunung Merapi tiket masuknya cukup murah meriah, hanya Rp. 3.000,- saja per orang. Murah, kan? Hanya saja, perlu waspada dengan tata cara pembayaran tiket parkirnya, karena petugas akan meminta pembayaran sitem perorangan. Baru sekali ini saya nemu objek wisata yang biaya parkir kendaraannya ditarik sistem per kepala, bukan per kendaraan. 😆 Satu buah mobil berisi 8 orang dikalikan dengan Rp. 2.000,- Ya, walaupun murah juga sih untuk ukuran “duit Jakarta” nyesek juga harus parkir seharga itu. Mending jika ditarik sekalian tarif per mobil Rp. 15.000,- gitu..

Musium Gunung Berapi

Masuk ke dalam Museum, kita akan disuguhi dengan sebuah replika gunung berapi yang siap meletus dan erupsi. Erupsi Gunung Merapi setiap tahunnya berbeda-beda arahnya. Kita bisa melihat dari maket di atas, tahun sekian arah letusan menuju ke daerah ini, tahun sekian ke sini dan tahun sekian arahnya ke sana, dan seterusnya. Selain erupsi, maket tersebut juga mengeluarkan gemuruh suara letusan Gunung Merapi.

Erupsi Gunung Merapi

Di bagian lain, ada juga peta dunia di dinding, lengkap dengan tombol-tombol yang akan menyala jika memencet salah satu nama gunung berapi yang ada di seluruh dunia. Jadi, anak-anak bisa sekaligus belajar peta bumi, di mana letak gunung berapi, tidak hanya di seluruh Indonesia, tetapi juga di belahan dunia yang lainnya.

Peta Gunung Berapi di Dunia

Yang lebih keren lagi, kita bisa mengetahui status gunung berapi di seluruh dunia itu dengan memperhatikan warna lampu yang menyala ketika memencet tombolnya. Lihat gambar lokasi Gunung Berapi di atas, terlihat warna merah dan biru. Masih ada satu warna lagi sebenernya, yaitu warna hijau. Jika merah, berarti gunung berapi tersebut masih aktif, jika biru sudah jarang meletus, dan jika menyala berwarna hijau, berarti gunung berapi tersebut sudah tidak aktif lagi.

Wajah Gunung Api Indonesia

Gambar Letusan gunung Merapi

Di dalam Museum Gunung Merapi Indonesia, terdapat berbagai macam seluk beluk tentang gunung berapi, mulai dari foto mikroskopik sayatan batuan gunung, cara menyelamatkan diri dan bencana gunung meletus, mitos-mitos yang ada di masyarakat tentang gunung merapi, hingga berbagai macam foto tentang letusan gunung berapi dari waktu ke waktu.

Biar nggak dianggap hoax saya pernah jalan-jalan ke sana, baiklah, ini saya tampilkan penampakan saya.

Foto di Museum Gunung Merapi Indonesia

7494 Total Views 30 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply