Museum Konperensi Asia Afrika di Bandung

Berlibur ke Bandung. Kota yang paling banyak memiliki keunggulan tidak hanya dalam segi wisata alam, namun juga wisata belanja yang dikenal dengan Paris Van Java. Namun wisata sejarah yang ini jarang sekali disinggung. Jika anda melihat ke acara televisi membahas wisata di Bandung, Museum Konferensi Asia Afrika jarang menjadi tujuan rekomendasi wisata. Bagi anda yang belum mengetahui mengapa ada Museum Konferensi Asia Afrika ini, mari saya bahas berikut ini. Museum Konferensi Asia Afrika ini adalah musium untuk mengenang kesuksesan besar Indonesia dalam kancah dunia internasional selepas Indonesia merdeka. Konferensi ini lahir karena rasa ingin merdeka dan membantu merdeka oleh negara-negara terjajah Asia dan Afrika yang kemudian terciptanya dasa sila Bandung. Prinsip yang membuat Negara-negara Asia Afrika mampu untuk bangkit dari penjajahan.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika ini terletak di alamat Jl. Asia Afrika No. 65 Bandung – 40111 Jawa Barat, Indonesia. Gedung ini dibuat oleh orang berkebangsaan Belanda yang bernama Van Galenlast dan C.O. Wolf Shoomaker. Gedung inilah yang menjadi tempat Konferensi Asia Afrika tahun 1955, yang menyimpan bukti tertulis berupa naskah dan peninggalan benda Asia Afrika yang terkenal. Gedung ini dibuka untuk umum setiap hari kerja. Sehingga anda lebih tepat untuk mengunjunginya di hari liburan panjang, karena tidak dibuka di hari libur. Benda peninggalan yang tersimpan disana berupa foto-foto konferensi sehingga anda melihat seperti masa lalu sedang terjadi disana, benda-benda khas Asia dan Afrika, patung para tokoh, dasa sila bandung, ruang pameran dan audio visual, dan masih banyak lagi yang bisa anda lihat dan kunjungi di sana. Setidaknya ada tiga ruangan vital yang harus anda kunjungi, yaitu ruang pameran tetap, ruang audio visual, dan ruang perpustakaan. Karena nilai historis ada di sana semua.

Museum Konperensi Asia Afrika Bandung

Akses menuju ke lokasi Museum Konferensi Asia Afrika cukup mudah. Apalagi jika anda dari Jakarta, menuju Bandung bisa menggunakan dua transportasi umum seperti bus dan pesawat terbang. Jika anda ingin menaiki bus sebagai kendaraan menuju Bandung dari Jakarta, maka anda bisa menaiki bus Primajasa (Kalideres, Lebak Bulus, Tanjung Priok), Harum Prima (Pulogadung, Kp Rambutan), Patriot (Pulogadung) dengan harga tiket yaitu Rp 40.000 sampai Rp 60.000. Sedangkan untuk penerbangan domestik dari Jakarta ke Bandung anda dapat naik maskapai penerbangan Merpati ataupun Air Asia. Untuk tiket Merpati anda bisa dapat tiket promo, walau tidak di semua waktu. Begitupun Air Asia. Tiket promo bisa sangat murah, sampai Rp 94.000 sedangkan untuk tiket normal bisa mencapai Rp 200.000 an per tiket sekali jalan. Jika anda sudah mencapai Bandung, maka pilihlah rute bus kota jurusan  Cicaheum-Cibeureum.

Memang lebih mudah bagi anda untuk bisa menyewa kendaraan pribadi atau rental mobil untuk liburan dengan waktu yang lama. Untuk penginapan, saya rasa anda tidak akan merasa kesulitan karena di Bandung banyak penginapan yang bagus. Ini saya berikan daftar list penginapan hotel berbintang 3 yang tidak begitu murah ataupun mahal namun tetap berkualitas.

Grand Serela Hotel, Jl. LLRE. Martadinata (Riau) No 56, Kota Bandung, Bandung,

The Radiant Villas & Function Halls, Jl. Kampung Buka Nagara, Desa pagerwangi RT 05 RW 01, Dago Atas, Bandung, Indonesia

Ottenville Boutique Hotel, Jl. Dr. Otten No. 6, Kota Bandung, Indonesia

Dengan begitu perjalanan wisata sejarah anda ke Museum Konferensi Asia Afrika akan lebih menyenangkan. Selamat berlibur. (him)

7812 Total Views 12 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply