Museum R.A. Kartini Di Jepara

Di manakah kita bisa menghabiskan liburan dengan biaya yang paling murah? jalan jalan ke Museum adalah jawabannya. Ya, kemana lagi kita bisa masuk dengan biaya super murah, harga tiket tidak lebih dari lima ribu rupiah, tetapi bisa mendapatkan banyak ilmu yang berguna? Museum adalah satu-satunya jawaban yang bagus.

Salah satu museum yang bisa Anda coba adalah Museum R.A. Kartini yang ada di Jepara. Nama R.A. Kartini tentu saja sudah tak asing lagi bagi kita semua. Nah, ternyata ada museumnya juga di tanah kelahiran beliau, Jepara. Yuk, kita intip ada apa saja di dalamnya.

Seperti layaknya museum lain di Indonesia ini, Museum R.A. Kartini juga pasti akan terlihat sepi jika dilihat dari luar. Dan memang begitulah adanya hampir semua museum yang ada di negeri ini. Jangan ragu untuk masuk ke dalamnya. Harga tiketnya sangat murah, hanya Rp. 1.000,- di hari biasa dan Rp. 1.500,- di akhir pekan. Sangat murah, bukan?
Anda bisa datang kapan saja di Museum R.A. Kartini, letaknya di jalan Alun-Alun No. 1 Jepara. Tak terlalu jauh dari Pendapa Kabupaten Jepara. Dikelilingi oleh gedung-gedung pusat pemerintahan Kabupaten Jepara, sesungguhnya letak Museum R.A. Kartini ini sangatlah strategis. Ada kantor pemerintah daerah, Kodim, dan pusat perbelanjaan di sekitarnya.
Museum R.A. Kartini ini belum terlalu lama berdiri. Atas usulan beberapa wakil rakyat Jepara, maka pada tanggal 30 Maret 1975 didirikanlah Museum R.A. Kartini. Berdirinya Museum R.A. Kartini tak terlepas dari peran mantan Presiden Soeharto, dan diresmikan tepat peringatan seabad R.A. Kartini. Museum R.A. Kartini terdiri dari beberapa bangunan yang berada di lahan seluas 5.210 meter persegi dan luas bangunannya 890 meter2.

Museum R.A. Kartini berisi segala hal yang berbau R.A. Kartini. Semua benda-benda yang berhubungan dengan beliau disimpan di sini. Ada empat ruangan besar yang digunakan untuk menampung seluruh benda peninggalan sejarah tersebut. Benda-benda yang dimaksud antara lain adalah foto-foto R.A. Kartini, meja, kursi, radio, buku-buku, koleksi piring dan lain-lain.
Selain memuat benda-benda milik Raden Ajeng Kartini, ada juga satu ruangan yang berisi benda-benda milik Kakaknya. Raden Mas Panji Sosrokartono, kakak R.A. Kartini adalah lulusan Universitas Leiden, Belanda. Semasa hidupnya, Raden Mas Panji Sosrokartono menguasai banyak sekali bahasa asing, dan pandai mengobati pasien hanya dengan air putih dan “Alif”.

Ruang selanjutnya adalah ruang yang berisi peninggalan sejarah yang ditemukan di sekitar lokasi Kabupaten Jepara seperti sebuah tulang ikan raksasa seberat 6 ton dengan panjang sekitar 16 meter. Tulang ikan tersebut ditemukan di sekitar perairan Karimunjawa, Jawa Tengah.

Dan ruangan terakhir berisi beberapa kerajinan dan ukiran Jepara. Beberapa keramik dan anyaman bambu serta alat transportasi tradisional juga bisa ditemukan di museum ini. Yuk, jalan-jalan ke Museum R.A. Kartini Di Jepara! (Gambar milik http://laisya.blogspot.com)

4084 Total Views 4 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. hesthy November 15, 2011

Leave a Reply